Friday, December 8, 2023
AppointmentCounselorEmosi NegatifEmosi PositifKesehatan MentalKonseling PsikologiKonsultasi PsikologiPsikiaterPsikologUndang-Undang

Klinik Psikologi Pangkalpinang Berpengalaman – Solusi Kesehatan Mental

Klinik Psikologi Pangkalpinang Berpengalaman - Solusi Kesehatan Mental

Memantapkan hati untuk bertemu seorang Profesional seperti Psikolog atau Psikiater dengan mengunjungi klinik psikologi Pangkalpinang berpengalaman adalah sebuah keberanian. Karena pada akhirnya kita berani menunjukan vulnerabililty (kerapuhan diri) yang disembunyikan selama ini. Kita mengizinkan diri ini menghadapi monster di dalam diri kita. Monster yang penuh dengan beragam Emosi Negatif seperti kebencian, amarah, kesedihan, kekecewaan, duka, kedengkian, dll.

Klinik Psikologi Pangkalpinang Berpengalaman, Wahana Bahagia Psychology Consultant

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia sejak manusia dilahirkan hingga berakhirnya kehidupan manusia tersebut (sampai waktu akan menghadapi kematian).

Sedangkan Psikolog adalah seseorang berlatar belakang pendidikan psikologi setingkat sarjana yang mempelajari ilmu mengenai perilaku manusia dengan tujuan untuk memahami sifat-sifat manusia. Lebih sederhananya, bila seorang dokter dekat dengan masalah kesehatan fisik, maka segala hal yang terkait dengan segala perilaku manusia merupakan hal yang dipelajari oleh psikolog.

Tidak hanya di Pangkalpinang, klinik psikologi kini sudah banyak tersebar di berbagai kota di Indonesia, untuk mendapatkan informasinya kita hanya dengan mengetikan kata kunci pencarian pada sebuah mesin pencari seperti google, tidak jarang beberapa di antaranya juga menyediakan layanan konseling psikologi secara Online yang berarti jarak dan waktu di zaman teknologi informasi sekarang ini bukanlah sebuah hambatan.

Konseling psikologi Online sebagaimana dimaksud dapat berupa Konseling Anak, Konseling Remaja, maupun Konseling Dewasa yang dapat dilakukan melalui telepon, chating, ataupun video call (tergantung kepada pilihan pasien). Untuk mendapatkan layanan tersebut tentu harus membuat appointment terlebih dahulu guna menentukan jadwal yang sesuai antara pasien dan Konselor.

Beberapa Masalah Umum yang Dapat di Konsultasikan dengan Psikolog

Meningkatnya ragam isu mengenai Kesehatan Mental mungkin membuat kita perlu mewaspadai isu tersebut mengingat hal tersebut bisa saja dan kapan saja terjadi pada kita, anak kita, ataupun kerabat dekat kita tanpa mengenal usia si penderita.

Beragam masalah yang umum dapat di konsultasikan dengan seorang Profesional seperti Psikolog atau Psikiater di antaranya ketidakmampuan dalam belajar, Stres, Depresi, penyalahgunaan obat terlarang, Gangguan Kecemasan, Bipolar, dan gangguan kesehatan mental lainnya.

Ada 15 kategori gangguan Kesehatan Mental yang umum terjadi di masyarakat yang dapat kamu lihat informasinya disini.

Penanganan mengenai gangguan kesehatan mental yang dikeluhkan seorang pasien biasanya ditindaklanjuti dengan dengan sebuah treatment seperti Hipnoterapi ataupun Terapi Emosi oleh seorang Profesional.

Tetapi gangguan kesehatan mental yang sudah sangat parah sampai pasien kehilangan kontrol atas dirinya biasanya di berikan obat Antidepresan oleh Psikiater mengingat Psikolog tidaklah memiliki kewenangan meresepkan obat apapun kepada pasiennya.

Informasi Biaya Konseling Klinik Psikologi Pangkalpinang Berpengalaman

Sebelum melakukan konseling dengan seorang Profesional sebaiknya perhitungkan dulu budget, jangan berharap satu kali ke Psikolog langsung sembuh. Ingat, kamu sudah puluhan kali ke dokter untuk berobat dan juga sudah diimunisasi sejak kecil agar tidak mudah sakit. Maka jangan berharap sekali ke psikolog lalu kamu berubah menjadi Gandhi yang sangat lembut atau Nelson Mandela yang pemaaf.

Biaya konseling di klinik psikologi Pangkalpinang berpengalaman tidaklah jauh berbeda dengan kota-kota lainnya, jika sekali datang ke dokter, hanya dalam 5-10 menit kamu rela keluar biaya sekitar Rp75 ribu untuk biaya admin dan Rp100 – Rp300 ribu untuk obat. Sedangkan jika ke Psikolog kamu bisa berdiskusi selama sekitar satu jam dengan biaya antara Rp250 – Rp750 ribu, kenapa tidak?

Hal-hal yang Harus di Persiapkan Sebelum Melakukan Konseling

Bertemu dengan seorang Profesional seperti Psikolog atau Psikiater bukan berarti tanpa persiapan sekalipun konseling sebagaimana dimaksud akan dilakukan secara Online mengingat pasien yang sedang di tangani mungkin bukan hanya kamu saja.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan konseling dengan Wahana Bahagia Psychology Consultant dapat dilihat disini dan disini, tak lupa juga sebelum melakukan konseling sebaiknya menghubungi salah satu media yang tercantum dalam website baik melalui email, telepon, maupun WhatsApp yang informasinya dapat dilihat disini.

Agar konseling berjalan efektif, efisien, dan tepat sasaran sesuai dengan harapan sebaiknya kamu mempersiapkan hal-hal di bawah ini sebagaimana di lansir dari liputan6:

1. Tentukan tujuanmu

Datang ke Psikolog bukanlah sekedar curhat dan meluapkan emosimu sebanyak-banyaknya dalam bentuk kata dan air mata. Ada tujuan yang perlu ditetapkan dan disepakati agar terjadi perubahan signifikan pada diri kita. Sebagai contoh, jika kamu memiliki Gangguan Kecemasan, kamu bisa menetapkan tujuan mengurangi jumlah kecemasan setelah sesi konseling selesai. Atau jika kamu mengalami Depresi, Sulit TidurGangguan Tidur, tujuan agar lebih mudah tidur dan merasa berenergi saat bangun bisa menjadi tujuan.

2. Siapkan catatan tentang emosi dan pikiranmu

Tuliskan momen-momen saat kamu benar-benar mengalami Emosi Negatif seperti Sedih dan terpuruk atau momen-momen saat kamu panik dan tidak sanggup mengontrol diri. Cobalah diingat apa yang menjadi pemicunya dan hal apa yang kamu lakukan setelah itu. Buatlah catatan seperti ini beberapa hari sebelum kamu ke Psikolog agar saat konseling dimulai, kamu sudah lebih tau apa yang kamu alami dan waktu 50 menit tidak dihabiskan hanya untuk sekedar memetakan masalahmu.

3. Siapkan mindset “gue bukan sekedar curhat” tapi mengatasi isu yang spesifik

Banyak orang yang datang ke Psikolog ketika mereka sudah benar-benar berada di puncak masalah. Alhasil, ke 50 menit sesi konsultasi dihabiskan hanya untuk menangis tersedu-sedu tanpa memberi kesempatan psikolog untuk berdiskusi. Lalu kemudian mereka pulang dan kecewa, “psikolognya diem aja, padahal udah mahal-mahal”.

Konseling ke psikolog adalah sebuah proses. Psikolog butuh bekerja sama denganmu dan diberi kesempatan untuk memetakan masalahmu. Kemudian, psikolog juga butuh waktu untuk mengubah pola pikirmu agar tujuan konsultasimu tercapai, agar Emosi Negatif mu lebih mudah untuk di kontrol, agar hari-harimu di temani dengan berbagai macam emosi positif dan fikiran positif sehingga kamu dapat menjalani kehidupan ini dengan perasaan tenang dan damai.

Perkiraan Biaya Konsultasi Psikologi yang Harus Kamu Ketahui

Namanya kehidupan pasti tidak akan berjalan mulus-mulus saja bukan, kadang ada naik-turunnya. Begitupun dengan masalah Emosi, beberapa masalah di kehidupan terkadang membuat seseorang bisa menjadi Stres. Sumbernya pun bermacam-macam, karena masalah keluarga, pekerjaan, uang, hingga masalah dengan pasangan seperti Selingkuh. Kalau sudah begini, tentu kamu membutuhkan pertolongan dari seorang Profesional agar kamu bisa sehat dan bersemangat dalam menjalani kehidupan ke depannya.

Penasaran dengan rincian biaya konsultasi psikologi? Simak informasi lengkapnya berikut ini sebagaimana dilansir dari bankmandiri:

Biaya Konseling Klinik Psikologi Pangkalpinang Berpengalaman

Sebenarnya hingga saat ini, standar tarif jasa Psikolog memang belum diatur secara resmi oleh pemerintah. Kebanyakan kebijakan tarif akan disesuaikan pada kebijakan rumah sakit atau puskesmas tempat psikolog tersebut bekerja. Oleh sebab itu, masing-masing memiliki standar tarif yang berbeda-beda karena tarif lembaga tempat ia bekerja pun berbeda, terutama di rumah sakit swasta. Terkadang, tergantung juga pada tingkat kelas rumah sakit masing-masing yang tentunya tingkat kelas rumah sakit di setiap kota berbeda-beda.

Namun, rata-rata, biaya konsultasi psikologi di Indonesia saat ini berkisar antara Rp150 – Rp350 ribu per sesi dengan durasi per sesi sekitar 30 – 60 menit. Bahkan beberapa Psikolog yang memiliki jam terbang, pengalaman dan digunakan sebagai narasumber oleh suatu pimpinan organisasi seperti Kapolres, Danrem, Dandim, Direktur Utama sebuah perusahaan, Stasiun Televisi, dll mempunyai tarif jasa konsultasi yang lebih mahal yang berkisar antara Rp200 – Rp500 ribu dan tergantung rumah sakit tempatnya bekerja juga.

Jika kamu membutuhkan sesi konsultasi yang lebih panjang, biasanya ada biaya tambahan yang dikenakan. Biaya tersebut tinggal kamu kali dengan jumlah sesi yang kamu butuhkan.

Apakah Biaya Konsultasi Psikologi Tersebut Mahal atau Murah?

Apakah biaya tersebut tergolong mahal? Jawabannya tergantung dengan kemampuan dan kebutuhanmu. Namun kamu bisa membandingkan biaya tersebut dengan biaya berobat ke dokter sebesar Rp75 ribu per sekali datang dengan waktu konsultasi sekitar 5-10 menit, itupun belum ditambah dengan biaya admin dan Rp100 – Rp300 ribu untuk membayar obatnya.

Perlu kamu ketahui, jika kamu hanya menilai mahal murahnya barang atau jasa hanya dari nilai nominal semata maka secara tidak langsung kamu membiarkan pihak luar “mendikte” persepsi kamu.

MAHAL? Tergantung dari segi mananya, kualitas biasa dan harganya tinggi boleh dibilang MAHAL.

MURAH? jika kualitasnya bagus dan harganya standar, ini bisa dikatakan MURAH.

Lalu yang namanya MURAHAN gimana? Apakah kamu bersedia mengeluarkan uang dan waktu untuk mendapatkan sejumlah barang atau jasa yang kualitasnya MURAHAN?.

Perlu kamu ketahui juga, kamu bisa memanfaatkan layanan asuransi swasta atau BPJS Kesehatan untuk menghemat biaya. Pasalnya kini BPJS Kesehatan sudah bisa digunakan untuk menanggung biaya pengobatan masalah kejiwaan. Jadi sebelum memutuskan untuk berkonsultasi, kamu bisa menanyakan terlebih dahulu kepada pihak asuransi apakah perawatan yang akan kamu ambil tersebut ditanggung. Kamu juga perlu menanyakan ke Psikolog atau rumah sakit yang bersangkutan apakah mereka telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan atau belum.

Jika ternyata telah bekerja sama, kamu juga bisa datang ke puskesmas atau RSUD yang memiliki poli psikologi untuk menanyakan syarat-syaratnya agar mendapatkan pelayanan yang maksimal.

Konseling Online dengan Klinik Psikologi Pangkalpinang Berpengalaman

Jika kamu tidak memiliki waktu luang untuk berkonsultasi secara Tatap Muka, kamu bisa menggunakan jasa psikolog secara Online. Jasa tersebut kini makin banyak disediakan karena semakin tingginya jumlah pasien yang mengalami gangguan kesehatan mental.

Dengan sistem online, kamu bisa lebih leluasa memilih lokasi dan waktu konsultasi serta mengetahui rating psikolog yang kamu pilih. Bahkan jika kamu memerlukan sesi tambahan, psikolog biasanya akan menjadwalkan sesi berikutnya yang bisa kamu ikuti agar perkembanganmu dapat dipantau.

Konsultasi psikologi tidaklah mahal sepanjang kamu memang sangat membutuhkannya. Kalau kamu memang ingin menghemat biaya, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan salah satunya mempersiapkan diri sebelum berkonsultasi.

Kamu bisa mencatat keluhan apa saja yang kamu sampaikan sehingga topik bahasan dengan Psikolog tidak melantur dan melebar kemana-mana yang membuat proses konseling mengkonsumsi banyak waktu. Sebab semakin lama waktu konsultasi yang kamu butuhkan maka akan semakin besar biaya yang harus kamu keluarkan.

BPJS Cover Perawatan Kesehatan Mental, Tersedia di Beberapa Kota

Dibandingkan kesehatan fisik, masalah kesehatan jiwa masih jauh dari perhatian. Padahal, berdasarkan rata-rata statistik, setidaknya ada dua hingga tiga orang yang mengakhiri hidupnya. Maka dari itu pernahkah kamu mendengar soal pertanggungan biaya Psikiater BPJS Kesehatan?

Stigma negatif terhadap seseorang dengan masalah kesehatan jiwa membuat penderitanya menutup diri dan enggan mencari bantuan seorang Profesional. Padahal kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Stres ringan sekalipun jika tidak dikelola dengan baik dan diatasi dengan tepat bisa membesar dan menjadi Depresi. Jika dibiarkan terlralu lama dampaknya bisa mengancam kesehatan fisik yang dikenal dengan istilah Psikosomatis. Kehadiran BPJS Kesehatan dapat membantu polemik perihal kesehatan kejiwaan saat ini.

Selain stigma, mahalnya biaya pengobatan dan konsultasi membuat banyak orang malas mengambil tindakan. Dalam satu kali kunjungan ke Psikiater kamu bisa habiskan ratusan ribu rupiah. Belum lagi jika ada obat-obat yang harus ditebus. Umumnya pengobatan pun dilakukan dalam waktu yang relatif lama apalagi pasien yang mengalami gangguan skizofrenia.

Sebagai informasi, gangguan Skizofrenia adalah gangguan mental kronis yang menyebabkan penderitanya mengalami delusi, halusinasi, hingga perubahan perilaku. Gangguan mental ini dapat membuat penderitanya kesulitan membedakan antara kenyataan dan sekadar halusinasi.

Untuk mengatasi penyakit ini, pasien harus mengonsumsi obat sepanjang hidupnya, belum lagi harus rutin melakukan konsultasi ke Psikolog atau Psikiater selama hidupnya.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Undang-Undang No. 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa

Jika pengobatan dilakukan dengan dana pribadi tanpa memiliki BPJS kesehatan bukan gak mungkin pasien harus mengeluarkan dana hingga jutaan rupiah. Gak heran kalau pasien yang gak mampu akan ditangani secara gak tepat, bahkan gak manusiawi seperti fenomena pasung di berbagai daerah di Indonesia. Padahal tindakan pasung sama sekali tidak dibenarkan karena bertentangan dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28G ayat (2) yang menyatakan bahwa “Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan atau perlakuan yang merendahkan derajat martabat manusia dan berhak memperoleh suaka politik dari negara lain”.

Selain itu Undang-Undang No. 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa Pasal 4 point (b) juga menerangkan bahwa “Penyelenggaraan upaya kesehatan jiwa kepada orang dengan masalah kejiwaan (ODMK) dan orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ) dilaksanakan secara manusiawi sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan. Misalnya tidak boleh dilakukan pengekangan dan lain sebagainya”.

Apakah kamu sudah tahu bahwa sama halnya dengan penyakit fisik, kamu juga bisa manfaatkan fasilitas BPJS Kesehatan untuk masalah kesehatan jiwa?

Apa itu Psikiater BPJS?

Psikiater BPJS adalah layanan pengobatan gangguan jiwa yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Oleh sebab itu, kamu bisa mendapatkan perawatan medis terkait kejiwaan tanpa mengeluarkan biaya sama sekali.

Hal ini menjadi keunggulan BPJS Kesehatan. Pasalnya, di Indonesia, masih sedikit sekali asuransi kesehatan yang menanggung biaya perawatan jiwa.

Cara Klaim Layanan Psikiater BPJS

Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf menuturkan, Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) sudah mencakup pelayanan Kesehatan Mental. Maksudnya yaitu pasien dengan masalah psikis atau gangguan mental sudah dapat berobat dan biayanya juga sudah tercover oleh BPJS Kesehatan. Lalu apa aja prosedur yang harus dilalui untuk mendapatkan pelayanan ini? Berikut ulasannya yang dilansir dari lifepal:

1. Berkas penting

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan kartu keanggotaan BPJS Kesehatan. Kemudian disusul dengan beberapa berkas penting yang dibutuhkan seperti, fotocopy KTP, fotocopy KK, juga fotocopy kartu BPJS/KIS. Masukan semua berkas tadi ke dalam map agar lebih rapi. Berkas lain yang juga penting dibawa adalah hasil diagnosis dokter.

2. Kunjungi faskes tingkat 1 yang tercantum dalam BPJS

Kunjungi faskes tingkat 1 atau klinik yang tercantum dalam kartu BPJS. Selanjutnya tanyakan apakah klinik maupun puskesmas tersebut memiliki poli kejiwaan atau layanan psikologi. Sebab kamu tetap harus mengakses layanan BPJS melalui faskes tingkat 1 jika klinik belum dilengkapi layanan kesehatan tersebut.

3. Mendaftar ke rumah sakit rujukan

Jangan khawatir, jika ternyata layanan kesehatan jiwa tidak terdapat di faskes tingkat 1 yang tertera di kartu BPJS Kesehatan mu. Maka kamu cukup menunggu dokter memberikan surat rujukan untuk berobat di rumah sakit yang lebih memadai. Tapi perlu diingat, surat rujukan yang diberikan oleh dokter ini hanya berlaku selama 3 bulan saja.

Lengkapi persyaratan administrasi yang dibutuhkan dan jangan lupa mengikuti prosedur pendaftaran sesuai dengan ketentuan.

4. Menunggu antrian di poli jiwa

Ketika semua hal sudah selesai dan terpenuhi, tugas kamu selanjutnya adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis kejiwaan. Biasanya sebelum mulai berkonsultasi, kamu akan diminta mengisi lembar psikotes sebagai asesmen awal. Pada tahap ini kamu diharuskan untuk jujur mengenai keluhan apa yang kamu rasakan. Hal ini dimaksudkan agar dokter dapat memberikan diagnosa yang akurat pada penyakit yang diderita.

5. Tebus obat di farmasi rumah sakit

Seperti pemeriksaan kesehatan biasanya, setelah berkonsultasi selanjutnya dokter akan memberikan resep obat yang harus kamu tebus ke farmasi. Obat yang diresepkan akan tercover oleh BPJS Kesehatan jika kamu menebusnya di farmasi rumah sakit. Jika resep ini kamu tebus di apotek tentu kamu harus membayar seluruh obat dalam resep ini.

Alur pelayanan fasilitas kesehatan jiwa

Penderita Kesehatan Mental berhak mendapatkan pelayanan medis secara gratis selama indikasi medis, prosedur, dan diagnosanya terdapat pada Permenkes 59 tahun 2014. Pelayanan medis dengan masalah kesehatan mental dapat memanfaatkan BPJS Kesehatan.

Nah, buat kamu yang merasa mengalami gangguan depresi, dapat melakukan konsultasi di puskesmas-puskesmas terdekat. Jika ternyata penyakitmu tidak bisa ditangani oleh Psikolog di puskesmas, kamu akan dirujuk ke psikiater BPJS atau dokter spesialis kejiwaan di rumah sakit. Kira-kira begini tahapannya.

Tahapannya gak jauh berbeda dengan pelayanan kesehatan umum, yaitu:

  1. Peserta BPJS membawa kartu BPJS dan mendatangi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti puskesmas, klinik, dan fasilitas kesehatan lainnya yang setingkat.
  2. Peserta BPJS dapat melakukan konsultasi pada Psikolog atau dokter di puskesmas tersebut. Jika pada pemeriksaan awal, peserta atau pasien membutuhkan penanganan lebih lanjut yang tidak bisa ditangani FKTP, maka pasien akan dirujuk ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan  atau FKTL (Rumah Sakit Pemerintah, Rumah Sakit Swasta, atau Rumah Sakit lain yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan).
  3. Di FKTL, pasien menunjukkan kartu BPJS dan surat rujukan dari FKTP kepada petugas di BPJS Kesehatan Center. Selanjutnya, petugas akan menerbitkan Surat Eligibilitas Peserta (SEP) sebagai dokumen prasyarat menggunakan fasilitas BPJS.
  4. Setelah mendapatkan SEP, pasien akan mendapatkan pelayanan kesehatan baik oleh Psikiater BPJS atau dokter di FKTL tersebut.

Pelayanan kesehatan jiwa gak hanya terbatas pada penyakit Skizofrenia, namun juga gangguan kesehatan mental lain, seperti Depresi, gangguan personality, hingga Gangguan Bipolar.

Namun, gak semua puskesmas memiliki Psikolog atau dokter jiwa yang bisa menangani masalah kesehatanmu.

Jika begini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan konsultasi Psikolog atau Psikiater BPJS di daerah yang bisa kamu jangkau pertama kali dengan biaya sendiri. Lalu, meminta rujukan ke klinik atau rumah sakit yang terdaftar pada BPJS kesehatan.

Tidak hanya di Pangkalpinang, Klinik Psikologi Hingga Rumah Sakit di Jabodetabek Melayani Psikiater BPJS

Untuk memudahkan kamu dalam menemukan puskesmas dan rumah sakit yang terdapat layanan kesehatan mental. Klinik psikologi Pangkalpinang berpengalaman telah merangkum beberapa rumah sakit dan puskesmas yang memiliki layanan kesehatan mental yang informasinya dapat dilihat disini.

Kamu tinggal mencocokkan saja apakah rumah sakit dan puskesmas tersebut tercantum dalam faskes BPJS Kesehatan mu. Jika iya berarti kamu bisa melakukan konsultasi secara gratis karena biaya konsultasi sudah di tanggung oleh BPJS Kesehatan, terlepas dari apakah konsultasi tersebut dilakukan secara Online ataupun Tatap Muka langsung tergantung kepada ada tidaknya mekanisme layanan konseling tersebut.

Sebenarnya masih banyak lagi layanan kesehatan mental yang terdapat di Indonesia yang tersebar di berbagai daerah seperti di Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Bali, Samarinda, Manado juga Makassar. Untuk info lengkap daftar rumah sakit tersebut kamu bisa melihatnya disini.

Dengan adanya penanggungan pengobatan kesehatan jiwa oleh BPJS diharapkan dapat menyadarkan masyarakat soal pentingnya penanganan gangguan Kesehatan Mental.

Tanda Kamu Perlu Datang ke Klinik Psikologi untuk Mendapatkan Layanan Kesehatan Mental

Nah sebenarnya kapan sih kita harus menggunakan layanan kesehatan mental dan konsultasi ke psikolog? Gimana caranya kita tahu kalau kita mengalami gangguan kesehatan mental. Bagaimana Ciri-ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental?

1. Memiliki Pengalaman Traumatis

Pengalaman traumatis terjadi ketika diri kamu merasa memiliki luka batin yang mendalam. Biasanya luka batin ini disebabkan karena hal-hal buruk yang pernah menimpa kamu. Nah yang ditimbulkan dari luka batin ini adalah Trauma Psikologis yang dapat merusak kesehatan mental seseorang. Sebab trauma psikologis tidak semudah itu hilang dengan sendirinya.

Jika mengalami perasaan ini, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan Psikolog mengenai luka batin yang kamu alami ini.

2. Tidak Menemukan Support System

Salah satu obat untuk orang yang mengalami masalah kesehatan mental adalah memiliki support system. Tapi ngga semua orang bisa menemukan support system di hidup mereka. Kalau sudah begini jangan sampai Stres mu berangsur lama. Untuk menemukan tempat bersandar agar keluar dari masalah. Kamu membutuhkan Psikolog sebagai support system mu. Agar kesehatan mental mu semakin membaik.

3. Permasalahan Mengacaukan Produktivitas Diri

Kehidupan keseharian mu mulai terganggu karena Kesehatan Mental yang kamu miliki. Tentu itu hal yang tak baik, sebab bisa membuat diri kamu tidak seproduktif sebelumnya. Ini dapat membuat rutinitas hidup menjadi kacau.

4. Melakukan Hal Negatif

Paling mengkhawatirkan dari semua tanda adalah tanda ini. Ketika psikis mu mengalami Stres berat dan kamu memilih melakukan hal negatif sebagai pelarian dari masalah mu. Seperti menggunakan obat terlarang, konsumsi alkohol, atau bahkan melukai diri sendiri. Jika kamu berada dalam fase ini harus segera datang ke Psikolog untuk mendapatkan penanganan kesehatan mental.

Klinik Psikologi Pangkalpinang Berpengalaman, Membuka Praktek di Garut

Umumnya kamu perlu mendapatkan bantuan dari seorang Psikolog atau Psikiater apabila kamu mengalami Susah Tidur, susah makan, mendengar atau melihat suara atau hal yang sebenarnya tidak nyata, kehilangan seseorang atau hal yang sangat dicintai, mengalami Stres dan gangguan kecemasan, kehilangan minat terhadap hal-hal yang disukai, merasa tidak berdaya, Depresi, mengalami kelelahan yang tidak kunjung hilang, memiliki Fobia maupun ada masalah keluarga seperti Perselingkuhan atau hubungan sosial yang perlu diperbaiki, mempunyai kebiasaan ataupun kecanduan tertentu.

Kesehatan Mental menjadi satu hal yang penting untuk dijaga. Tidak berbeda dengan kesehatan fisik, kondisi psikologis yang tidak dijaga dengan baik bisa memengaruhi dan menurunkan kualitas hidup. Sayangnya, kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mental masih sangat kecil, terutama di Indonesia. Jadi untuk apa merasa malu meminta bantuan seorang Profesional.

Klinik psikologi Pangkalpinang berpengalaman, Wahana Bahagia Psychology Consultant menyediakan konseling psikologi secara Online, dengan mekanisme konseling melalui chating, telepon, ataupun video call (tergantung pilihan pasien), namun jika kamu ingin melakukannya dengan cara Tatap Muka dapat melakukan konseling di tempat praktiknya yang beralamat di Jl. Otista, Tarogong, Garut sesuai dengan titik koordinat pada Google Maps.

Ringkasan
Klinik Psikologi Pangkalpinang Berpengalaman - Solusi Kesehatan Mental
Nama Artikel
Klinik Psikologi Pangkalpinang Berpengalaman - Solusi Kesehatan Mental
Deskripsi
Memantapkan hati untuk bertemu seorang Profesional seperti Psikolog atau Psikiater dengan mengunjungi klinik psikologi Pangkalpinang berpengalaman adalah sebuah keberanian.
Penulis
Penerbit
Wahana Bahagia
Logo Penerbit
Share

6 thoughts on “Klinik Psikologi Pangkalpinang Berpengalaman – Solusi Kesehatan Mental

  • Setelah melihat-lihat artikel Anda, saya mungkin membutuhkan bantuan Anda untuk menyelesaikan penelitian saya dengan tema pengaruh teknologi terhadap perkembangan anak, saya harap anda memiliki waktu untuk membantu saya. Saya menantikan balasan anda.

    Terima kasih.

    Reply
  • Hai, yang di sana,

    Kami menjalankan layanan pertumbuhan Instagram, yang meningkatkan jumlah pengikut Anda secara aman dan praktis.

    – Dijamin: Kami menjamin Anda mendapatkan 400-1200+ pengikut per bulan.
    – Pengikut manusia yang nyata: Orang-orang mengikuti Anda karena mereka tertarik dengan bisnis atau ceruk pasar Anda.
    – Aman: Semua tindakan dilakukan secara manual. Kami tidak menggunakan bot apa pun.

    Harganya hanya $60 (USD) per bulan, dan kita bisa segera mulai.

    Jika Anda tertarik, dan ingin melihat beberapa karya kami sebelumnya, beritahu saya dan kita bisa berdiskusi lebih lanjut.

    Salam Hormat,
    Megan

    Reply
    • Terima kasih atas penawarannya, namun perlu anda ketahui, artikel-artikel yang saya buat tidak di maksudkan untuk mencari followers, subscriber dll. Kalaupun mereka tertarik dengan artikel-artikel yang saya buat tentu mereka akan menjadi followers dan subscribers tanpa harus di minta.

      Begitu pula sebaiknya, jika mereka tidak tertarik dengan artikel-artikel yang saya buat buat apa di minta untuk menjadi followers ataupun subscribers.

      Reply
  • Lucy Graham

    Izin bertanya, terapi apa yang tepat untuk generasi ketiga?

    Reply
    • Masalah psikologis dapat ditangani dengan cara yang berbeda. Jika Behavioral Cognitive Therapy telah digunakan sebagai model psikoterapeutik yang dominan selama bertahun-tahun, bentuk-bentuk baru psikoterapi telah muncul dalam waktu belakangan ini yang termasuk dalam terapi generasi ketiga. Jenis terapi psikologis ini menekankan penerimaan dan bagaimana pasien berhubungan dengan masalah.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!