Monday, May 27, 2024

Profile

Seperti telah dijelaskan sebelumnya disini, Wahana Bahagia adalah perusahaan berbentuk perseroan perorangan yang telah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Website Wahana Bahagia di fungsikan sebagai media penghubung antara Terapis & Klien atau orang yang membutuhkan layanan psikologis. Sebelum website Wahana Bahagia dibuat telah dua kali berubah nama dimana sebelumnya bernama “Terapi & Konsultasi Psikologi Riscka” serta “Konsultasi Psikologi Riscka”.

Sampai dengan saat ini Google Maps dan media sosial Wahana Bahagia seperti Facebook, Twitter, Instagram maupun channel YouTube belum berubah mengingat nama tersebut masih lebih familiar di kenal di masyarakat umum khususnya di Wilayah Jawa Barat.

Website Wahana Bahagia dibuat sebagai media penghubung bagi orang-orang yang membutuhkan penanganan Psikologis, umumnya mengenai masalah-masalah klinis bagi orang yang mengalami dampak psikologis akibat peristiwa kekerasan, konflik, kelainan, perceraian, bencana alam, kecemasan, phobia, bipolar, dan/atau gejala psikis lainnya.

Selain itu difungsikan juga sebagai penghubung bagi orang/instansi yang hendak mengadakan kuliah umum berupa Seminar ataupun orang/instansi yang membutuhkan seorang Narasumber dalam sebuah Kajian, Penelitian maupun Sosial Eksperimen yang tentunya masih dalam ranah bidang keilmuan psikolog.

Beberapa personil baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung dengan eksistensi Wahana Bahagia diantaranya:

Riscka Fujiastuti

Counselor / Therapist

Riscka Fujiastuti, S.Psi., CFc., CH., CHT

Menyelesaikan pendidikan Sarjana Program Studi Psikologi S1 Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI), Cimahi pada Tahun 2013, bekerja pada salah satu Lembaga Psikologi Terapan bernama yang beroperasi di Indonesia dan berkantor pusat di Kota Tangerang pada Tahun 2013-2017 dan membuka praktek Hipnoterapi mandiri pada Tahun 2017 sampai dengan sekarang yang saat ini bernama Wahana Bahagia.

Sementara itu beliau telah beberapa kali di undang oleh Instansi Swasta untuk mengisi seminar psikologi, beberapa kegiatan seminar diantaranya bersama-sama menjadi pembicara dengan salah satu Dokter Jiwa atau Psikiater di Kabupaten Garut dimana saat itu Dokter Jiwa atau Psikiater sebagaimana dimaksud merupakan Wakil Direktur Bidang Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Garut yang di lantik oleh Bupati Garut pada tanggal 22 April 2020 bernama dr. H. Rd. Muhammad Willy Indrawilis, Sp.KJ.

Menjadi pembicara sebagaimana dimaksud yaitu mengisi seminar yang berhubungan dengan dunia anak seperti “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kepribadian Anak”, “Tugas Perkembangan Psikologis Anak”, “Masa Golden Age Anak”, dll.

Menjadi pembicara di beberapa sekolah tingkat Taman Kanak-Kanak (TK),  tingkat Sekolah Dasar (SD), tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut dengan tema “Cara Menjadi Orang Tua Hebat”, “Memahami Dominasi Otak pada Anak”, “Pola Ajar yang Cocok untuk Anak”, dll.

Menjadi pembicara pada salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kabupaten Garut yang bernama Universitas Garut (UNIGA).

Menjadi pembicara juga dalam sebuah seminar yang diadakan oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat dengan tema Pelatihan Keterampilan Wirausaha Bagi Anggota Polri dan ASN Polda Jabar yang Akan Memasuki Masa Pensiun Tahun Anggaran 2021 “Siap Pensiun Bahagia” pada hari Rabu, tanggal 13 Oktober 2021, dalam seminar tersebut di bahas pula mengenai post power syndrome karena seseorang yang sudah memasuki masa pensiun umumnya akan mengalami gangguan psikologis berupa gangguan post power syndrome dan hal ini tentunya tidak hanya terjadi pada pensiunan Anggota Polri saja. Adapun cuplikan atau highlight video yang membahas mengenai post power syndrome tersebut dapat dilihat disini.

Pengalaman lainnya di undang sebagai pembicara atau narasumber pada salah satu stasiun televisi di Indonesia yaitu PT. Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh atau yang biasa kita kenal dengan nama TRANS7 dengan tema “Psikologi Sosial Eksperimen“, selain stasiun televisi juga menjadi narasumber dalam sebuah surat kabar harian yang terbit di Tasikmalaya bernama Radar Tasikmalaya dengan tema “World Mental Health, Ingatkan Kesehatan Mental” dan terbit pada hari Selasa, tanggal 11 Oktober 2022 dimana setiap tanggal 10 Oktober merupakan hari kesehatan mental dunia yang telah dicetuskan Federasi Kesehatan Mental Dunia (World Federation for Mental Health) pada Tahun 1992 namun perayaannya baru dimulai pada Tahun 1994 yang dipimpin oleh wakil sekretaris jenderal saat itu, Richard Hunter.

Selain itu, dalam surat kabar harian yang sama terbit juga pada hari Jum’at tanggal 13 Januari 2023 dan 05 Mei 2023 dengan tema Bermain Lato-lato Perlu Pengawasan Orang Tua dan Psikolog: Penyimpangan Seks Berbahaya, menjadi narasumber juga pada salah satu website berita terbesar di Indonesia yang bernama detik.com yang terbit pada hari Kamis tanggal 01 Juni 2023 dengan tema Lingkaran Setan Predator Seks di Garut: Dulu Korban Kini Pelaku.

Beberapa pengalaman lainnya sebagai pembicara maupun narasumber juga dapat dilihat disini, sedangkan beberapa kegiatan-kegiatan yang sempat terdokumentasikan dan telah di upload ke dalam media sosial maupun website PT. Wahana Bahagia Psychology Consultant diantaranya:

  • Cuplikan atau highlight video seminar yang dapat dilihat melalui channel YouTubenya disini
  • Gallery photo yang dapat dilihat disini.

 

Dalam menjalankan kegiatannya hingga Wahana Bahagia di kenal oleh masyarakat luas, Wahana Bahagia dibantu oleh mitra dari beberapa kalangan seperti pendidik, akademisi dan praktisi sebagai berikut:

Teguh Purnama

Auditor’s

Teguh Purnama, SE., M.Ak., Ak

Menyelesaikan pendidikan Sarjana Program Studi Akuntansi S1 Universitas Garut (UNIGA), Garut pada Tahun 2011, Pasca Sarjana Program Studi Akuntansi S2 Universitas Widyatama (UTAMA), Bandung pada Tahun 2019, Program Pendidikan Profesi Akuntan Universitas Trisakti (USAKTI), Jakarta Barat pada Tahun 2024, bekerja pada PT. Oriental Textile Indonesia pada Tahun 2011-2012, PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk pada Tahun 2012-2016, dan saat ini bekerja pada Kantor Akuntan Publik Jojo Sunarjo & Rekan Kantor Pusat Kota Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta sebagai Manajer Audit & Asurans sejak Tahun 2016 sampai dengan sekarang.

Mengingat pekerjaannya sebagai auditor, dalam hal ini adalah auditor eksternal dan biasanya mampu melakukan semua jenis audit karena pengalaman, pendidikan, dan pelatihan yang telah dimiliki, serta umumnya selalu update mengenai ketentuan peraturan dan perundang-undangan, oleh karena itu Wahana Bahagia selalu berkonsultasi dengannya agar dalam menjalankan kegiatannya selalu berada dalam rule yang telah ditetapkan ketentuan peraturan dan perundang-undangan.

Selain itu juga beliau telah memperkenalkan Wahana Bahagia kepada orang-orang di lingkungannya yang pada akhirnya Konselor/Terapis Wahana Bahagia telah beberapa kali di undang oleh Direktur Utama/Manajer Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya beberapa BUMD di Wilayah Jawa Barat untuk mengisi seminar dengan tema “The right man on the right place”, “Manajemen Kepemimpinan”, “Manajemen Sumber Daya Manusia”, “Mengelola Stress Kerja yang Baik”, “Pengaruh Konflik Keluarga Terhadap Produktivitas Kerja”, “Pentingnya Memahami Ilmu Neuro Linguistic Programming (NLP) Sebelum Memahami Ilmu Lainnya”, “Pemimpin, Keberanian dan Perubahan”, Pandemi Covid 19 dan Era Tatanan Kebiasaan Baru Dalam Perspektif Psikologi Pariwisata, dll.

Adapun website milik beliau dapat dilihat disini.

Sedangkan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan beliau sebagai mitra PT. Wahana Bahagia Psychology Consultant dapat dilihat disini.

 

Evi Heryanti

Teacher’s

Evi Heryyanti, S.Pd

Menyelesaikan pendidikan Sarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris S1 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP), Garut pada Tahun 2016, bekerja sebagai Guru pada SDN Cimuncang 1-2 Garut.

Supporting yang dilakukannya adalah memperkenalkan Wahana Bahagia kepada orang tua murid didikannya maupun bukan didikannya baik murid tingkat TK maupun tingkat SD yang membutuhkan Konseling Psikologi khususnya orang tua murid yang membutuhkan konseling dalam menangani permasalahan anak seperti pola pengasuhan, penanganan anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dan permasalahan psikologis lainnya.

Tidak jarang juga sebelum pandemi covid-19 beliau mengundang Konselor/Terapis Wahana Bahagia untuk menjadi pembicara dalam seminar dengan tema “Cara Menjadi Orang Tua yang Hebat”, “Mendidik Anak di Era Digital”, “Mengatasi Sibling Rivalry pada Anak”, “Mengelola Naluri Mesin Photo Copy pada Anak”, dll.

Adapun Surat Keputusan (SK) Pengangkatan beliau sebagai mitra PT. Wahana Bahagia Psychology Consultant dapat dilihat disini.

 

Topan Setiawan

Web Designer’s

Topan Setiawan, S.Kom., M.Kom

Menyelesaikan pendidikan Ahli Madya Program Studi Manajemen Informatika D3 Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK), Garut pada Tahun 2023, Program Studi Sistem Informasi S1 Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK), Bandung pada Tahun 2014, Program Studi Sistem Informasi S2 pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) LIKMI, Bandung pada Tahun 2016, bekerja sebagai Pendamping Sosial PKH di bawah naungan Kementerian Sosial RI dan bertugas di wilayah Kabupaten Garut pada Tahun 2016-2022, bekerja sebagai Manajer IT pada PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk sejak Tahun 2022 sampai dengan sekarang, juga bekerja sebagai Dosen Tetap di Universitas Ma’soem, Bandung yang berada di bawah naungan LLDIKTI Wilayah 4 dengan jabatan akademik Asisten Ahli. Riwayat mengajar beliau pada Perguruan Tinggi dapat dilihat pada portal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang di kenal dengan istilah Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) disini.

Sementara itu, beliau juga pernah bekerja sebagai Admin Produksi pada Tahun 2013 di CV Triputra Kencana (Gusto Sign) Bandung, sebagai Guru Komputer pada Tahun 2014 di SMK Teknologi Al Salman Garut, dan sebagai Dosen Luar Biasa pada Tahun 2017-2018 di AMIK Garut.

Supporting yang dilakukan beliau adalah memberikan petunjuk dalam mengelola website Wahana Bahagia agar semudah mungkin dapat di pahami oleh pembaca dan familiar di beberapa perangkat seluler.

Adapun website milik beliau dapat dilihat disini.

Sedangkan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan beliau sebagai mitra PT. Wahana Bahagia Psychology Consultant dapat dilihat disini.

 

Ade Elza Surachman

Lecturer’s and Researcher’s

Ade Elza Surachman, SE., M.Ak., Ak

Menyelesaikan pendidikan Sarjana Program Studi Akuntansi S1 Universitas Garut (UNIGA), Garut pada Tahun 2012, Pasca Sarjana Program Studi Magister Akuntansi S2 Universitas Mercu Buana (UMB), Jakarta Barat pada Tahun 2016, Program Pendidikan Profesi Akuntan Universitas Widyatama (UTAMA), Bandung pada Tahun 2021 dan bekerja sebagai Dosen Tetap di Universitas Catur Insan Cendekia yang berada di bawah naungan LLDIKTI Wilayah 4 dengan jabatan akademik Lektor. Riwayat mengajar beliau adalah sebagai berikut:

  • Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana, Purwakarta
  • Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wibaha Kerta Raharja, Purwakarta
  • Universitas Catur Insan Cendekia, Cirebon

Riwayat mengajar sebagaimana dimaksud di atas dapat dilihat pada portal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang di kenal dengan istilah Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) disini.

Kegiatan supporting yang dilakukannya adalah memperkenalkan Wahana Bahagia kepada mahasiswa didikannya di wilayah Purwakarta dan Cirebon yang membutuhkan Konseling Psikologi khususnya mahasiswa yang mengalami gangguan konsentrasi, Gangguan Kecemasan, insomnia, Depresi dan permasalahan psikologis lainnya.

Selain itu mengingat profesi beliau sebagai Dosen dan Peneliti yang tak pernah luput dari dunia pendidikan dan pengembangan mahasiswa di wilayah Purwakarta dan Cirebon, beliau telah beberapa kali mengundang terapis Wahana Bahagia untuk memberikan seminar kepada mahasiswa di wilayah Purwakarta dan Cirebon, dengan tema “Meningkatkan Ketahanan Psikologis dalam Menghadapi Stres Akademik”, “Mencari Kebahagiaan Belajar di Tengah Terpaan Gelombang Virus Merah Jambu pada Mahasiswa”.

Adapun Surat Keputusan (SK) Pengangkatan beliau sebagai mitra PT. Wahana Bahagia Psychology Consultant dapat dilihat disini.

 

Eem Emar Maryani

Government Employee’s

Eem Emar Maryani, S.Pd., M.M.Pd

Menyelesaikan pendidikan Sarjana Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP), Garut pada Tahun 2007, Pasca Sarjana Program Studi Manajemen S2 Universitas Teknologi Surabaya (UTS), Surabaya pada Tahun 2012 dan bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut Dinas Pendidikan Unit Pelaksana Teknis Kecamatan Tarogong Kaler sebagai Penilik Pendidikan Non Formal (PNF) yang bertugas melakukan kegiatan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program Pendidiknan Anak Usia Dini (PAUD), pendidikan kesetaraan dan keaksaraan, serta kursus pada jalur Pendidikan Non-Formal dan Informal (PNFI).

Supporting yang dilakukannya adalah memperkenalkan Wahana Bahagia kepada seluruh kepala lembaga Pendidikan Non Formal, dalam hal ini lembaga seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Tidak jarang juga sebelum pandemi covid-19 Konselor/Terapis Wahana Bahagia di undang oleh beberapa lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) wilayah Kabupaten Garut Kecamatan Tarogong Kidul dan Tarogong Kaler untuk menjadi pembicara dalam seminar yang berhubungan dengan dunia anak dan/atau beragam teknik pembelajaran pada anak usia dini.

Adapun Surat Keputusan (SK) Pengangkatan beliau sebagai mitra PT. Wahana Bahagia Psychology Consultant dapat dilihat disini.

 

Lantar Permana

Auditor’s

Lantar Permana, SE., Ak

Menyelesaikan pendidikan Sarjana Program Studi Akuntansi S1 Universitas Siliwangi (UNSIL), Tasikmalaya pada Tahun 2018, Program Pendidikan Profesi Akuntan Universitas Widyatama (UTAMA), Bandung pada Tahun 2022, dan saat ini sedang menempuh Pendidikan Pasca Sarjana Program Studi Magister Akuntansi S2 Universitas Widyatama (UTAMA), Bandung serta bekerja sebagai Auditor pada Kantor Akuntan Publik Sudrajat & Rekan, Bandung sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang.

Mengingat pekerjaannya yang juga sebagai auditor sebagaimana Sdr. Teguh Purnama, Wahana Bahagia juga selalu berkonsultasi dengannya agar dalam menjalankan kegiatannya selalu berada dalam rule yang telah ditetapkan ketentuan peraturan dan perundang-undangan sehingga mendapatkan dua sudut pandang auditor yang berbeda.

Adapun Surat Keputusan (SK) Pengangkatan beliau sebagai mitra PT. Wahana Bahagia Psychology Consultant dapat dilihat disini.

Ringkasan
Photo ofRiscka Fujiastuti, S.Psi., CFc., CH., CHT
Nama
Riscka Fujiastuti, S.Psi., CFc., CH., CHT
Nama Panggilan
(Riscka)
Situs Web
Jabatan
Pemilik
Nama Perusahaan
Wahana Bahagia Psychology Consultant
Alamat
Jl. Otista,
Tarogong, Garut, Jawa Barat, 44151
Share
error: Content is protected !!