Thursday, June 20, 2024
Gangguan PsikologisKonseling PsikologiKonsultasi Psikologi

Konseling Anak

Konseling Anak

Arti Penting Konseling Anak

Setiap orang sudah pasti membutuhkan bantuan dari orang lain saat menjalani kehidupan sehari-hari. Terlebih bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah, konseling anak sangat diperlukan agar anak mampu tumbuh secara mandiri dan berkembang dengan optimal.

Masa kanak-kanak merupakan masa yang unik, masa belajar yang amat penting bagi perkembangan seorang individu, yang dimaksud dengan belajar disini tidak hanya mencakup keterampilan belajar praktis, melainkan juga memperoleh perspektif yang lebih luas tentang belajar diseluruh area perkembangan manusia.

Konselor untuk anak yang baik haruslah memahami perkembangan anak yang normal juga memiliki Kompetensi akan hal tersebut, sehingga dapat digunakan untuk mengevaluasi anak-anak yang bermasalah. Anak tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Jadi harus memiliki sudut pandang yang berbeda-beda.

Ciri – Ciri Anak Sehat

Menurut Maslow ada 8 karakteristik umum dari anak sehat yaitu:

  1. Spontan, ingin berinteraksi dengan lingkungan dan mengekspresikan keterampilan yang dimiliki.
  2. Sehat secure fisik, tidak didominasi rasa takut, dan merasa cukup aman untuk mengambil risiko.
  3. Pengalaman dengan lingkungan diperoleh secure kebetulan atau dengan bantuan orang dewasa.
  4. Cukup aman dan percaya diri dalam melakukan interaksi dan menerima berbagai konsekuensinya.
  5. Akan mengulangi pengalaman-pengalaman yang sukses.
  6. Kemudian berkembang ke arah pengalaman yang lebih kompleks.
  7. Pengalaman-pengalamannya yang sukses akan meningkatkan self-esteem dan perasaan mampu, memberi kekuatan, serta kontrol diri.
  8. Memilih untuk terus tumbuh dan maju.

Anak-anak merupakan “penonton” pada dunia orang dewasa. Segala kebutuhannya masih amat tergantung pada orang tua dan orang dewasa lain. Karena masih terbatasnya kebebasan yang dimiliki, pilihan yang ada untuk konselor dan anak juga amat terbatas, anak-anak terpaksa harus mengambil apa yang ada saja. Dia tidak bisa mengubah lingkungannya.

Konseling pada anak haruslah memperhatikan pola pikir mereka yang masih cenderung egosentris yaitu amat terpaku pada pola pikirnya sendiri. Mereka juga lebih intuitif dan konkret dalam berpikir sehingga sulit untuk memahami hal-hal yang abstrak.

Untuk menjelaskan arti penting konseling anak mungkin tidak cukup dengan 100 bahkan 200 halaman, sehingga dalam website ini hanyalah sebatas menyinggung secara umum bahkan dari perspekti umum pun belum cukup, disamping itu mungkin kita semua juga sudah tahu bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan konseling psikologi merupakan sesuatu yang sangat rahasia dan telah diatur sebagaimana di dalam kode etik.

Adapun salah satu contoh photo yang telah di publikasikan disini telah mendapatkan persetujuan dari orang tua yang bersangkutan, oleh karena itu tentu sangat tidak memungkinkan untuk mempublikasikan semuanya demi menjelaskan segalanya.

Apabila anda hendak melakukan konseling baik secara online maupun tatap muka dapat menghubungi contact yang tercantum dalam website ini.

Ringkasan
Konseling Anak
Jenis Layanan
Konseling Anak
Nama Penyedia
Wahana Bahagia,
Jl. Otista,Tarogong, Garut,Jawa Barat-44151,
Telephone No.0852-4516-2629
Lokasi
Indonesia
Deskripsi
Konselor anak yang baik haruslah memahami perkembangan anak yang normal juga memiliki Kompetensi cukup, sehingga dapat digunakan untuk mengevaluasi anak yang bermasalah. Anak tidak bisa disamakan dengan orang dewasa.
Share

6 thoughts on “Konseling Anak

  • Anak ADHD bisa konseling disini?

    Reply
  • Dok anak sya ADHD, dan kosakata nya belum terlalu banyak utk usia mereka.. pdahal mereka uda msk prasejarah dok.. cara menangani nya gimana yah dok, kadang sya suka iri dengan anak2 nya org yg bukan d usia dini ud pintar dan lancar dalam berbicara… mhon solusinya dok?

    Reply
    • Kalau memang permasalahannya adalah perbendaharaan kalimat itu bukan ADHD, itu namanya keterlambatan bicara, ADHD bukan begitu. Ciri anak ADHD itu dia tidak bisa diam, kalaupun diam hanya beberapa detik saja karena tidak bisa mengontrol dirinya.

      Solusi mengenai keterlambatan bicara, kita sebagai orang tua harus sering2 mengajak si anak ngobrol, mengajak nya bergaul dengan orang lain yang juga suka ngobrol.

      Reply
  • Nurbariyah

    Saya mau tanya anak saya kalo belajar disekolah trus mata pelajaran banyak dia cepet bosan dan suka marah2 kalo diledek temen2 ya bisa diterapi disini gak?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!