Thursday, June 20, 2024
AppointmentGangguan PsikologisKonseling PsikologiKonsultasi PsikologiPsikiaterPsikolog

Konseling via Telepon

Konseling Via Telepon

Konseling via Telepon Berbagai Kota di Indonesia

Adakalanya konseling via telepon diperlukan oleh seseorang, salah satunya adalah orang yang tinggal di daerah yang belum terdapat layanan konseling, bahkan tidak jarang konseling via telepon juga dilakukan di daerah yang terdapat layanan konseling, konseling sebagaimana dimaksud biasanya berupa Konseling Anak, Konseling Remaja maupun Konseling Dewasa.

Pada akhirnya meski regulasi dan kode etik praktik psikologi maupun praktik Hipnoterapi telah dengan jelas mengatur tentang jaminan kerahasiaan kondisi seorang pasien terhadap pihak lain bahkan pasangannya sendiri, di tambah dengan berbagai stigma negatif yang sampai saat ini masih membudaya di masyarakat khususnya di Indonesia seperti “orang yang melakukan konseling psikologi adalah ORANG GILA”. Meski stigma tersebut 100% salah, adakalanya seorang pasien tidak menginginkan privacy nya di ketahui oleh siapapun termasuk oleh seorang profesional seperti Psikolog atau Psikiater pribadinya sekalipun.

Jika kamu termasuk pribadi yang sangat tertutup tetapi sangat membutuhkan konseling psikologi akibat masalah berat yang sedang kamu hadapi, untuk mensiasati rasa malu yang bernanung di dalam diri kamu, kamu dapat melakukan konseling psikologi tersebut secara online baik melalui telepon, chating, ataupun video call (tergantung pilihan kamu).

Perlu kamu ketahui juga, kebanyakan layanan konseling yang ada saat ini hanya sebatas melayani konseling melalui chat saja dimana kita mungkin tidak akan pernah tahu siapa lawan bicara kita sebenarnya. Photo mungkin bisa jadi seorang konselor profesional dengan profil yang mudah dicari validitasnya, tetapi siapa yang meresponnya? Atas dasar apa kamu yakin kalau yang merespon chat kamu sama dengan photo yang di tampilkannya?

Konseling via Telepon Apakah Efektif dan Dapat Mengatasi Permasalahan Kamu?

Pada zaman teknologi informasi sekarang ini banyak sekali layanan konseling psikologi via telepon. Jika berbicara apakah konseling via telepon dapat mengatasi permasalahan kamu atau tidak, perlu ditekankan dalam hal ini kamu hanyalah berikhtiar untuk mencari solusi terbaik atas kondisi kamu saat ini, terlepas dari apakah konseling tersebut dilakukan via telepon ataupun tatap muka yang pada intinya kamu sedang meminta pertolongan kepada Tuhan dan notabene nya melalui manusia juga. Jika saudara kamu sedang di rawat di rumah sakit dan ternyata meninggal disana apakah itu merupakan wujud ketidakprofesionalan seorang dokter? Pasti kamu paham sampai disini!

Sedangkan jika berbicara apakah konseling via telepon efektif atau tidak, selain bergantung kepada kasus yang di alami dan bagaimana juga tingkatannya, kita perlu memahami kredibilitas subjek layanan konseling itu sendiri. Tanpa bermaksud mendiskreditkan layanan konseling lainnya, perlu kamu ketahui banyak pasien yang telah melakukan konseling via telepon bersama Wahana Bahagia yang memberikan feedback negatif terhadap konseling via telepon sebelumnya di tempat lain.

Mengapa demikian?

Berdasarkan pengakuan mereka mayoritas mengatakan bahwa mereka hanya diberikan saran untuk ikhlas dan bisa memaafkan serta dapat menerima kenyataan yang ada, tak jarang juga mereka malah menyarankan untuk mengunjungi psikolog terdekat. Bukankah pernyataan seperti itu sangat sederhana sekali, bahkan pernyataan seperti ikhlas dan bisa menerima kenyataan yang ada sepertinya tidak harus seorang profesional seperti Psikolog atau Psikiater maupun konselor kesehatan mental yang harus bicara. Karena yang harus kamu cari adalah bagaimana metode nya, ikhlas dan bisa memaafkan serta dapat menerima kenyataan yang ada itu bukanlah merupakan metode melainkan output dari sebuah metode.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, karena konseling dilakukan melalui chat kita tidak pernah tahu siapa lawan bicara kita sebenarnya, apakah dia itu kapabel sebagai konselor atau tidak, apalagi jika kapabilitas dan kredibilitas mereka sulit untuk di buktikan karena keterbatasan informasi yang di publikasikan olehnya, belum lagi respon chat yang sangat lambat. Bukankah kamu sedang menghadapi sebuah masalah psikis dan memerlukan solusi dengan segera?

Namun jika memang kamu hanya menginginkan teknis konseling melalui chating semuanya kembali kepada pilihan kamu.

Kredibilitas Konselor Wahana Bahagia

Bagaimana dengan kredibilitas dan kapabilitas konselor Wahana Bahagia? Kamu pelajari saja dengan melihat-lihat gallery photo yang sempat terdokumentasikan disini dan video yang sempat terupload pada channel youtube disini, tentunya kamu berhak menilainya sendiri.

Photo dan video tersebut merupakan kegiatan seminar, tes psikologi dan menjadi narasumber saja, sedangkan kegiatan konseling, Hipnoterapi maupun Terapi Emosi sama sekali tidak ada perekaman karena hal tersebut merupakan privacy semua pasien yang tidak mungkin di konsumsi publik.

Kemudian, apakah photo dan video tersebut merupakan hasil editan?

Wahana Bahagia selalu berusaha menjalankan kegiatannya dalam rule ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, untuk itu Wahana Bahagia memiliki mitra kerja dari praktisi Auditor Keuangan dimana beliau selalu update mengenai ketentuan peraturan dan perundang-undangan sebagaimana telah dijelaskan dalam profil Wahana Bahagia disini.

Kredibilitas Berupa Logo

Oleh karena saran dan masukan dari mitra kerja dari praktisi Auditor Keuangan bernama Teguh Purnama, SE., M.Ak, Wahana Bahagia tidak memiliki keberanian untuk melampirkan informasi yang bukan sebenarnya, apalagi dengan cara membawa informasi logo sebuah Stasiun Televisi (TRANS7), beberapa Institusi Pendidikan yang meminta Wahana Bahagia menjadi narasumber, adapun narasumber sebagaimana dimaksud informasinya dapat dilihat disini, pada link tersebut terdapat beberapa surat resmi dari institusi pendidikan karena sejak tahun 2022 permohonan menjadi narasumber tanpa surat resmi selalu di tolak karena banyaknya oknum yang mengatasnamakan Wahana Bahagia untuk kepentingan pribadi tanpa izin.

Sebagai langkah preventif atas banyaknya oknum yang mengatasnamakan Wahana Bahagia untuk kepentingan pribadi tanpa izin tersebut, logo Wahana Bahagia telah di daftarkan pada Kementeriran Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dimana www.wahanabahagia.com + Logo WB dapat dilihat pada portal Kemenkumham RI Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual disini sedangkan Wahana Bahagia + Logo WB dapat dilihat disini.

Apakah kamu bisa membayangkan risiko apa yang mengintai seseorang jika menginformasikan sesuatu yang tidak sesuai dengan faktanya dengan membawa logo TRANS7 dan beberapa institusi pendidikan seperti perguruan tinggi?

Di tengah zaman teknologi informasi sekarang ini perbuatan kecil saja sangat sensitif sekali, menagih utang via media sosial saja bisa terkena pasal pencemaran nama baik, padahal penagih utang menanyakan hak nya, apalagi menginformasikan sesuatu yang tidak sesuai dengan faktanya dengan membawa nama stasiun televisi dan institusi pendidikan.

So, jika TRANS7 dan beberapa institusi pendidikan yakin dengan kredibilitas konselor Wahana Bahagia mengapa kamu tidak?

Kredibilitas Berupa Photo

Selain logo, terdapat nama dan photo seorang Direktur Utama sebuah BUMD, Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Bapak Kapolres dan Wakapolres bahkan nama Bupati juga di bawa-bawa ke dalam website ini, adapun beberapa photo sebagaimana dimaksud ada pada gallery kegiatan Wahana Bahagia disini. Selain itu terdapat salah satu seminar tentang “masa persiapan pensiun bahagia serta bebas dari post power syndrome” atas undangan Bapak Kapolres dimana videonya dapat dilihat disini, terdapat juga screenshot publikasi Radar Tasikmalaya tertanggal 11 Oktober 2022 sebagai narasumber hari kesehatan mental dunia yang dapat dilihat disini, tentu semua itu berisiko tinggi juga jika kegiatan sebagaimana dimaksud bukanlah yang sebenarnya dilakukan, apalagi beberapa diantara mereka adalah pejabat publik, sudah pasti semua orang bisa mengakses website ini tanpa ada batas ruang dan waktu sedetikpun.

Apa jadinya jika mereka semua tidak merasa melakukan kegiatan sebagaimana informasi yang termuat di dalam gallery dan video tersebut? Tentunya berpotensi menimbulkan dampak serta akibat hukum.

Mengapa demikian?

Jika kamu adalah orang yang mengerti tentang hukum idealnya kamu sudah mengetahui bahwa hal tersebut merupakan peristiwa atau perbuatan hukum yang bertentangan dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), apapun alasannya penyebaran berita bohong tidak pernah dibenarkan oleh undang-undang. Belum lagi Pasal 378 KUHP tentang penipuan jika ternyata Wahana Bahagia menggunakan martabat palsu seperti gelar palsu untuk menipu publik.

Lalu pejabat publik saja yakin dengan kredibilitas konselor Wahana Bahagia, apakah kamu juga demikian?

Jika kamu melakukan konseling dengan Wahana Bahagia, kamu dapat memilih teknis konseling dengan cara video call agar kamu yakin dengan kapasitas dan kapabilitas konselor. Bagaimana jika kamu merasa risih karena tidak mau kelihatan wajahmu? Tentu ini perkara mudah, matikan saja kamera kamu sedangkan konselor akan tetap menyalakan kameranya, dan ini membuat kamu tahu siapa lawan bicara kamu sebenarnya.

Pernahkah kamu membuka rekening secara online? Bagaimana cara pihak bank memverifikasi data kamu agar bank yakin kalau yang membuka rekening adalah kamu sendiri? Salah satu caranya adalah dengan melakukan video call.

Perlu kamu ketahui, konseling dengan cara video call dapat tercipta komunikasi dua arah secara efektif dan komprehensif, namun sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, jika memang kamu hanya menginginkan teknis konseling melalui chating semuanya kembali kepada pilihan kamu.

Portofolio Konseling via Telepon

Beberapa wilayah di Indonesia dan mayoritas merupakan warga daerah Provinsi Jawa Barat telah menjadi portofolio Wahana Bahagia Psychology Consultant dalam hal konseling psikologi secara Online baik Konseling Anak, Konseling Remaja maupun Konseling Dewasa diantaranya:

  • Bandung
  • Banjar
  • Bangka Belitung
  • Bekasi
  • Bogor
  • Ciamis
  • Cianjur
  • Cilegon
  • Cimahi
  • Cirebon
  • Depok
  • Garut
  • Indramayu
  • Jakarta
  • Jayapura
  • Karawang
  • Kediri
  • Kudus
  • Kuningan
  • Lampung Barat
  • Padang
  • Palembang
  • Pangandaran
  • Pekanbaru
  • Purwakarta
  • Samarinda
  • Semarang
  • Serang
  • Singkawang
  • Subang
  • Sukabumi
  • Sumedang
  • Surabaya
  • Tangerang
  • Tasikmalaya

Gambar di bawah ini adalah Screenshot 10 Pengunjung Website Terbanyak Berdasarkan Kota

Traffic Pengunjung Berdasarkan Kota

Data Posisi 1 Mei 2021 – 31 Mei 2021 (Sumber: Google)

Konseling via Telepon dari Mancanegara

Selain berbagai Kota di Indonesia terdapat pula portofolio Wahana Bahagia Psychology Consultant dalam hal konseling via telepon yang berasal dari Mancanegara diantaranya:

Malaysia

  • Kuala Lumpur
  • Kuching

Singapore

  • Singapore

Hongkong

  • Causeway Bay

Japan (merupakan salah satu negara dengan tingkat bunuh diri tertinggi di dunia, sumber: idntimes)

  • Osaka
  • Tokyo
  • Yokohama

Korea Selatan (merupakan salah satu negara dengan tingkat bunuh diri tertinggi di dunia, sumber: idntimes)

  • Busan
  • Changwon
  • Seoul

Thailand

  • Bangkok

Pakistan

  • Islamabad

Taiwan (merupakan negara dengan tingkat stres kedua di dunia, sumber: nihao indonesia)

  • Tainan
  • Taipei

Kanada (merupakan salah satu negara dengan kebutuhan konsultasi mental jangka panjang, sumber: republika)

  • Ottawa

“Jika kamu berasal dari mancanegara yang mungkin kurang pandai dalam berbicara Bahasa Indonesia kamu bisa melakukan konseling dengan menggunakan Bahasa Inggris”.

“If you come from overseas who may not be good at speaking Indonesian, you can do counseling using English”.

“Jika jadwal pada siang hari telah penuh terisi oleh konseling tatap muka, maka konseling via telepon akan dilakukan pada malam hari dan maksimal konseling berakhir pada pukul 22.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) dan bagi kamu yang berada di luar wilayah Indonesia bagian Barat silahkan menyesuaikan dengan Waktu Indonesia bagian Barat”.

“If the schedule during the day is fully filled with face-to-face counseling, online counseling will be carried out at night and maximum counseling ends at 22.00 West Indonesia Time (WIB) and for those of you who are outside the western part of Indonesia, please adjust to the time Western Indonesia”.

Gambar di bawah ini adalah Screenshot 10 Pengunjung Website Terbanyak Berdasarkan Negara

Jumlah Pengunjung Berdasarkan Kota

Data Posisi 1 Mei 2021 – 31 Mei 2021 (Sumber: Google)
Data Position May 1, 2021 – May 31, 2021 (Source: Google)

Gambar di bawah ini adalah Screenshot Pengunjung Website dengan Kategori 24 Jam atau Harian

Traffic Pengunjung Harian.jpg

Data Posisi 9 Juni 2021 – 10 Juni 2021 (Sumber: CDN)
Data Position June 9, 2021 – June 10, 2021 (Source: CDN)

Perlu diketahui, cukup banyaknya rata-rata jumlah pengunjung harian tersebut tentunya akan berdampak kepada jumlah telepon yang masuk.

Oleh karena itu, jika anda hendak melakukan konseling baik Konseling Tatap Muka maupun Konseling via Telepon harap memperhatikan unsur-unsur berikut ini:

Hal – Hal yang Harus diperhatikan Saat Konseling via Telepon

Sebelum melakukan konseling via telepon, silahkan membuat janji terlebih dahulu dengan menghubungi nomor kontak atau email yang tersedia untuk menentukan jadwal yang cocok baik bagi anda maupun Konselor. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya:

  1. Anda tidak boleh menelpon konselor tengah malam, atau anda hanya boleh menelpon konselor dengan waktu yang telah ditetapkan.
  2. Anda harus memfokuskan pembicaraan guna mengefektifkan penggunaan media komunikasi dan durasi konseling.
  3. Jangan berbicara dengan orang ketiga di sekitar anda pada saat anda melakukan konseling karena dapat mengganggu efektivitas konseling itu sendiri.
  4. Tidak dibenarkan untuk berkenalan secara personal, atau mengajak bertemu di luar konteks konseling, Tes Psikologi, Hipnoterapi, Terapi Emosi atau rencana kegiatan Seminar maupun kegiatan lainnya dengan agenda mengundang Wahana Bahagia sebagai Narasumber.

Tata Cara Melakukan Konseling via Telepon

Supaya konseling via telepon berjalan dengan lancar dan baik, ada juga tata cara yang harus diperhatikan antara lain:

  1. Terlebih dahulu anda harus membuat janji degan konselor jika ingin konseling, atau konselor sendiri yang menentukan jadwal konselingnya kepada anda.
  2. Jika suara anda kurang jelas, konselor akan langsung meminta pengulangan kata dengan volume nada yang lebih keras agar informasi permasalahan anda yang di dapatkan oleh konselor dapat di terima secara utuh.
  3. Konselor akan berbicara secara ilmiah, terstruktur, terarah, dan sistematis setelah anda selesai menceritakan masalahnya untuk memberikan solusinya.
  4. Jika konseling via telepon dipandang kurang jelas, teknis konseling bisa melalui video call atau melalui aplikasi zoom meeting.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Konseling

  1. Sebuah masalah bisa saja membuat anda sulit berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. Tak jarang pula masalah membuat seseorang putus asa, cemas berlebihan, sulit tidur, dan kehilangan nafsu makan.
  2. Ketika anda merasa Sedih, cemas, atau takut, mungkin anda sudah mencoba melakukan berbagai upaya untuk merasa lebih baik, misalnya dengan curhat, membaca buku motivasi, ataupun mengalihkan pikiran dengan Olahraga tetapi tidak ada hasilnya.
  3. Jika segala cara yang anda lakukan tidak juga membuahkan hasil, mungkin sudah waktunya anda melakukan konseling. Ingat, melakukan konseling bukan berarti anda gila atau lemah.
  4. Ketika anda berusaha melupakan masalah dengan melakukan hal-hal yang tidak baik untuk anda, misalnya merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, menggunakan obat-obat terlarang, atau bahkan makan berlebihan.
  5. Pasca mengalami kejadian Trauma Psikologis, seperti kehilangan sosok tercinta, Perceraian, atau kehilangan pekerjaan dengan rasa sedih dan Gangguan Kecemasan yang berlebihan dan tidak kunjung hilang serta mengalami gangguan psikologis lainnya.

Dimana Bisa Melakukan Konseling dengan Wahana Bahagia?

Anda dapat menghubungi nomor contact yang tercantum dalam website atau contact yang tercantum dalam google maps disini.

Ringkasan
Konseling Via Telepon
Jenis Layanan
Konseling Via Telepon
Nama Penyedia
Wahana Bahagia,
Jl. Otista,Tarogong, Garut,Jawa Barat-44151,
Telephone No.0852-4516-2629
Lokasi
Indonesia
Deskripsi
Sebelum melakukan konseling via telepon, silahkan membuat janji terlebih dahulu dengan menghubungi nomor kontak atau email yang tersedia untuk menentukan jadwal yang cocok.
Share
error: Content is protected !!