Thursday, June 20, 2024
Gangguan PsikologisKonseling PsikologiKonsultasi Psikologi

Terapi Emosi

Terapi Emosi

Arti Penting Terapi Emosi

Meluapkan kekecewaan dengan amarah bukan menjadi sesuatu hal yang salah dilakukan. Sebaliknya, memendam Emosi dan amarah juga akan menimbulkan terjadinya gangguan kesehatan pada tubuh anda. Itu sebabnya terapi emosi terbilang penting, meluapkan emosi dan amarah boleh saja, yang perlu diperhatikan adalah emosi tidak boleh dibiarkan hingga meledak-ledak. Emosi yang meledak-ledak sering dikaitkan dengan salah satu tanda mental tidak stabil. Terlebih jika emosi tersebut muncul karena hal yang sepele dan tidak membutuhkan penyelesaian yang rumit.

Tak sebatas berkata-kata kasar, seseorang yang meledak-ledak emosinya juga cenderung akan berlaku kasar kepada orang lain, seperti misalnya memukul atau menendang. Inilah mengapa sering sekali terjadi tindak kekerasan dalam rumah tangga atau terhadap pasangan.

Sebagian manusia kita adalah makhluk yang emosional. Emosi akan selalu mewarnai kehidupan kita baik itu emosi positif maupun Emosi Negatif. Akan tetapi kadang kita mudah terjebak dalam suasana emosi negatif yang membuat perasaan kita tersiksa. Emosi-emosi negatif seperti marah, dendam, sakit hati, kecewa, takut, trauma, cemas, menderita, hampa, bingung, resah, gelisah jika tidak dikelola dengan baik kan menghancurkan hidup kita sendiri.

Kenapa Harus Melakukannya

Menurut teori psikoanalisis Sigmund Freud, Alam Bawah Sadar didefinisikan sebagai kumpulan perasaan, pikiran, dorongan, dan ingatan yang berada di luar kesadaran. Sisa informasi yang berada di luar kesadaran sadar terletak di bawah permukaan. Meskipun informasi ini mungkin tidak dapat diakses secara sadar, tetapi memberikan pengaruh terhadap perilaku.

Pikiran, kepercayaan, dan perasaan bawah sadar berpotensi menyebabkan sejumlah masalah termasuk:

  1. Marah,
  2. Penuh prasangka,
  3. Perilaku kompulsif,
  4. Interaksi sosial yang sulit, dan
  5. Masalah dalam hubungan.

Sejatinya semua naluri dan dorongan dasar manusia terkandung dalam Alam Bawah Sadar. Insting hidup dan mati, misalnya, ditemukan di alam bawah sadar. Seperti naluri seksual, pikiran tentang Agresi, Trauma, dan bahaya.

Bebaskan diri anda dari segala keterikatan dan konsep-konsep yang pakem. Bersikaplah fleksibel dan jangan takut untuk mencoba hal-hal baru untuk menemukan tujuan hidup. Hidup akan selalu mengejutkan. Alih-alih terikat secara obsesif pada setiap detail kecil yang bekerja sesuai dengan cara yang anda pikirkan, terbukalah untuk potensi, dan kemungkinan. Bahkan, jika itu adalah sesuatu yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Wahana Bahagia adalah konsultan di bidang psikologi yang memiliki jam terbang tinggi dalam hal penanganan terapi emosi sejak tahun 2015, terapisnya terdaftar pada Dinas Kesehatan Kabupaten Garut dan telah memiliki STPT serta merupakan Anggota Profesi Perkumpulan Hipnotis Indonesia (PKHI) yang telah lolos Uji Kompetensi melalui Feat and Proper Test berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 61 Tahun 2016 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional Empiris.

Ringkasan
Terapi Emosi
Jenis Layanan
Terapi Emosi
Nama Penyedia
Wahana Bahagia,
Jl. Otista,Tarogong, Garut,Jawa Barat-44151,
Telephone No.0852-4516-2629
Lokasi
Garut, Jawa Barat
Deskripsi
Tak sebatas berkata-kata kasar, seseorang yang meledak-ledak emosinya juga cenderung akan berlaku kasar kepada orang lain, seperti misalnya memukul atau menendang.
Share

2 thoughts on “Terapi Emosi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!