Monday, May 27, 2024
Kesehatan MentalUndang-Undang

Narasumber

narasumber

Pengertian Narasumber

Narasumber adalah seseorang yang memberi informasi atau menjadi informan dalam suatu persoalan yang sedang diteliti.

Biasanya, informasi yang di perlukan diperoleh melalui wawancara dengan memintakan pendapatnya mengenai suatu masalah atau isu yang sedang berkembang. Selain itu, narasumber juga diperlukan untuk mendukung suatu penelitian.

Selain merangkum artikel mengenai Kesehatan Jiwa atau Kesehatan Mental yang di tuangkan dalam website untuk selanjutnya di konsumsi oleh masyarakat luas menjadi Narasumber juga merupakan salah satu wujud implementasi atas Undang-Undang Kesehatan Jiwa dan merupakan upaya promotif mengenai kesehatan jiwa sebagaimana telah tertuang dalam pasal 8 ayat (1) Undang-Undang Kesehatan Jiwa yang menyatakan bahwa “Upaya promotif dalam membangun kesadaran terkait kesehatan jiwa dapat dilaksanakan di lingkungan keluarga, lembaga pendidikan, tempat kerja, masyarakat, fasilitas pelayanan kesehatan, media massa, lembaga keagamaan dan tempat ibadah, dan lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan”

Portofolio

Terapis wahana bahagia telah beberapa kali menjadi narasumber dalam rangka penelitian mahasiswa yang hendak menyusun makalah, menempuh ujian dan/atau penyusunan Skripsi, maupun penelitian pada lingkungan pendidikan wilayah Jawa Barat, adapun kegiatan menjadi narasumber sebagaimana dimaksud diantaranya:

  1. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi LGBT
  2. Manajemen Konflik
  3. Home Schooling
  4. Pendidikan Intelektual vs Karakter dalam Menghadapi Perkembangan Zaman
  5. ADD, ADHD, Dyslexia atau Otak Kanan yang sangat dominan
  6. Seni Menimbang Psikologis Anak dalam Posisi Perceraian
  7. Pengasuhan dengan Theraplay
  8. Tingkah Laku Asertif dan Komunikasi Interpersonal
  9. Manajemen Stres, Emosi dan Mental
  10. Psikologi Sosial Eksperimen Bersama TRANS7
  11. Hate Speech dalam Komunikasi Media Sosial
  12. Keterampilan Komunikasi dan Karir
  13. Narkoba dan Kesehatan Mental
  14. Pluralisme dan Egaliterisme Kehidupan
  15. True Healing, Self Healing & Trauma Healing
  16. Toxic Relationship
  17. Menguatkan Cinta Menuju Bahagia
  18. Manajemen Hormon Kebahagiaan
  19. Perjalanan Mengenal Diri
  20. Emosi Positif, Emosi Negatif dan Psikosomatis
  21. Kecemasan menuju Pernikahan
  22. Bahagia dan Galau
  23. Gadget dan Kesehatan Mental Anak
  24. ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa)
  25. Kiat Mengatasi Burnout
  26. Korelasi Sakit Psikis dan Medis
  27. Dinamakia Psikososial pada Remaja
  28. Manajemen Emotional Intelligence dalam mengatasi konflik Interpersonal di lingkungan kerja
  29. Post Power Syndrome dan Pensiun Bahagia
  30. Memahami Bahasa Otak
  31. Manajemen Kepemimpinan
  32. Baby Blues Syndrome
  33. Sehat Mental di Masa Pandemi
  34. Mengatasi Chronic Overthinking
  35. Membangkitkan Kesehatan Mental Korban Pelecehan Seksual pada Remaja

Mulai Tahun 2022 untuk Mengundang Menjadi Narasumber Harus Membawa Surat Permohonan Resmi dari Instansi Tempat Anda Sekolah/Bekerja

Narasumber pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Universitas Garut (UNIGA), Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat:

Melansir dari website Universitas Garut , bahwa pada tahun 1991 Yayasan Perguruan Tinggi Garut mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dengan program studi Manajemen dan Akuntansi. Selanjutnya Pada tahun 1996 didirikan program Pascasarajana dengan jurusan Ilmu Administrasi, konsentrasi Administrasi Negara. Kemudian pada tahun 1997, Yayasan Perguruan Tinggi Garut mendirikan Fakultas Agama Islam dengan program studi Kependidikan Islam, Pendidikan Agama Islam serta Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Garut sebagai Kabupaten yang sebagaian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani, memberikan peluang untuk pendirian sebuah lembaga pendidikan tinggi pertanian. Pada tahun 1992, Yayasan Gilang Kencana yang juga mengelola pendidikan dasar menengah, mendirikan Sekolah Tinggi Pertanian Gilang Kencana Garut, yang mempunyai 2 program studi yaitu Budidaya Pertanian dan Studi Peternakan.

Sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan akan pendidikan tinggi yang dirasakan oleh masyarakat Garut. Pada tahun 1996 berdiri pula dua buah perguruan tinggi dibawah pengelolaan Yayasan Prima Garut yaitu Sekolah Tinggi Farmasi dan Akademi Tekstil. Guna mewujudkan cita-cita masyarakat Garut akan berdirinya Universitas Garut, tiga Yayasan penyelenggara perguruan tinggi swasta tersebut di atas; Yayasan Perguruan Tinggi Garut, Yayasan Perguruan Prima dan Yayasan Gilang Kencana telah sepakat untuk bergabung dalam satu wadah yakni: Yayasan Universitas Garut (YUNGA) yang berdiri dengan akta notaris Yayah Kusnariah, SH Nomor 7 tanggal 15 Juli 1997. Yayasan ini berfungsi sebagai penyelenggara Universitas Garut.

Portofolio menjadi narasumber pada Universitas Garut (UNIGA) diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tahun 2018

Konsep Diri Pengguna Extension Bulu Mata (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Konsep Diri Mahasiswi Pengguna Extension Bulu Mata Di Kabupaten Garut) oleh Nadya Reka Paradigma, Dra. Iis Zilfah Adnan, M.Si, Haryadi Mujianto, SE, MM, M.Si, jurnal penelitian sebagaimana dimaksud juga telah diterbitkan oleh Universitas Garut dimana screenshot jurnal tersebut dapat dilihat disini, sedangkan jurnal versi lengkapnya dapat dilihat disini, untuk mendownloadnya dari website Universitas Garut nya langsung dapat mengunjungi link ini.

2. Tahun 2022

  1. Psikologi Komunikasi Pada Mental Health Pasien Covid-19, surat permohonan resmi dapat dilihat disini.
  2. Makna Isolasi Bagi Pasien Covid-19, surat permohonan resmi dapat dilihat disini.
  3. Representasi kritik dalam komik (Analisis Semiotika dalam komik terhadap berbagai isu sosial Indoneisa dalam akun twitter @Kostumkomik, surat permohonan resmi dapat dilihat disini.
  4. Fenomena Vlogger Anak di media sosial youtube: Perspektif orang tua di Kabupaten Garut, surat permohonan resmi dapat dilihat disini.

3. Tahun 2023

  1. Metode Penelitian Komunikasi 2, surat permohonan resmi dapat dilihat disini.
  2. Seminar Motivasi untuk Mahasiswa Unversitas Garut Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Program Studi Profesi Apoteker, surat permohonan resmi dapat dilihat disini.
  3. Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Eksistensi Diri Mahasiswa (Studi Fenomenologi tentang Motif Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Eksistensi Diri di Kalangan Mahasiswa Kabupaten Garut), surat permohonan resmi dapat dilihat disini, jurnal penelitian sebagaimana dimaksud juga telah diterbitkan oleh Universitas Garut dimana screenshot jurnal tersebut dapat dilihat disini, sedangkan jurnal versi lengkapnya dapat dilihat disini, untuk mendownloadnya dari website Universitas Garut nya langsung disini.
  4. Rancang Bangun Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Kecanduan Game Online pada Remaja, surat permohonan resmi dapat dilihat disini.
  5. Makna Komunikasi Toxic Relationship Bagi Mahasiswa (Studi Fenomenologi Makna Komunikasi Toxic Relationship dalam Hubungan Asmara pada Mahasiswa di Kabupaten Garut), surat permohonan resmi dapat dilihat disini

4. Tahun 2024

  1. Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak dalam Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian Sekolah oleh Ayies Devin Seftian, Puri Haraz Alifia, Muhamad Rizaludin, Zikri Fachrul Nurhadi jurnal penelitian sebagaimana dimaksud juga telah diterbitkan oleh Jurnal Internasional bereputasi “Scopus” bernama Indeks Copernicus dimana screenshot jurnal tersebut dapat dilihat disini sedangkan jurnal versi lengkapnya dapat dilihat disini, untuk mendownloadnya dari website Indeks Copernicus nya langsung disini.
  2. Sebagai informasi tambahan, menurut wikipedia Scopus adalah basis data rujukan dan abstrak milik Elsevier yang diluncurkan pada tahun 2004. Scopus mencakup hampir 36.377 judul (22.794 judul aktif dan 13.583 judul nonaktif) dari sekitar 11.678 penerbit, yang mana 34.346 judul di antaranya adalah jurnal telaahan sejawat di bidang terkemuka, yakni ilmu hayati, ilmu sosial, ilmu kedokteran, dan ilmu kesehatan. Scopus mencakup tiga tipe sumber, yakni seri buku, jurnal akademik, dan jurnal dagang. Semua jurnal yang dicakup di basis data Scopus diulas kualitasnya tiap tahun berdasarkan empat tipe ukuran kualitas numerik, yakni h-Index, CiteScore, SJR (SCImago Journal Rank), dan SNIP (Source Normalized Impact per Paper). Pencarian di Scopus juga mencakup pencarian di basis data paten.
  3. Selain itu Indeks Scopus juga merupakan salah satu indikator kualitas yang dihormati dalam dunia akademik. Jurnal yang terindeks Scopus memiliki reputasi yang baik, meningkatkan visibilitas penelitian, dan memberikan manfaat bagi penulis dan peneliti (Sumber: GoodLingua).

Narasumber pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Siliwangi (UNSIL), Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat:

Melansir dari website Universitas Siliwangi disini, bahwa Universitas Siliwangi pada Tahun 2014, melalui Keputusan Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2014, Universitas Siliwangi yang semula Perguruan Tinggi Swasta, berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri yang ditandatangai langsung Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.

Dibalik sederet risalah panjang Universitas Siliwangi terdapat banyak orang – orang berjasa yang telah mewakafkan segenap jiwa raganya dan jasa-jasa mereka akan senantiasa dikenang sampai akhir hayat.

Universitas Siliwangi akan senantiasa menjadi akar yang kokoh bagi tumbuhnya daun-daun muda menjadi jalan setapak yang mengantarkan ribuan langkah ke medan lebih lapang juga kandil dalam kegelapan.

Portofolio menjadi narasumber pada Universitas Siliwangi (UNSIL) diantaranya adalah sebagai berikut:

Masalah Sosial dan Pembangunan, surat permohonan resmi dapat dilihat disini.

Narasumber pada Surat Kabar Harian:

  1. World Mental Health, Ingatkan Kesehatan Mental. Terbit dalam sebuah surat kabar harian bernama Radar Tasikmalaya pada tanggal 11 Oktober 2022, hasil publikasinya dapat dilihat disini.
  2. Bermain Lato-lato Perlu Pengawasan Orang Tua. Terbit dalam dalam sebuah surat kabar harian bernama Radar Tasikmalaya pada tanggal 13 Januari 2023, hasil publikasinya dapat dilihat disini.
  3. Psikolog: Penyimpangan Seks Berbahaya. Terbit dalam dalam sebuah surat kabar harian bernama Radar Tasikmalaya pada tanggal 05 Mei 2023, hasil publikasinya dapat dilihat disini.
  4. Lingkaran Setan Predator Seks di Garut: Dulu Korban, Kini Pelaku, Terbit dalam dalam salah satu website berita terbesar di Indonesia yang bernama detik.com pada tanggal 01 Juni 2023, hasil publikasinya dapat dilihat pada website nya langsung disini atau screenshot website tersebut disini.
  5. Kata Psikolog Soal Aksi Sodomi Belasan Bocah di Samarang Garut, Terbit dalam dalam salah satu website lokal yang bernama garutupdate.co.id pada tanggal 02 Juni 2023, hasil publikasinya dapat dilihat pada website nya langsung disini, atau screenshot website tersebut disini.
  6. Nasib Bocah 12 Tahun Pembunuh Teman Sebaya gegara Smash Voli, Terbit dalam dalam salah satu website berita terbesar di Indonesia yang bernama detik.com pada tanggal 07 November 2023, hasil publikasinya dapat dilihat pada website nya langsung disini atau screenshot website tersebut disini.

Mulai tahun 2022, kegiatan penelitian dan wawancara akan di layani jika membawa surat permohonan resmi dari instansi sebagaimana contoh surat permohonan resmi di atas.

Ringkasan
Narasumber
Jenis Layanan
Narasumber
Nama Penyedia
Wahana Bahagia,
Jl. Otista,Tarogong, Garut,Jawa Barat-44151,
Telephone No.0852-4516-2629
Lokasi
Garut, Jawa Barat
Deskripsi
Mulai tahun 2022, jika ingin mengadakan kegiatan wawancara harap membawa surat permohonan resmi sebagaimana contoh kegiatan wawancara terakhir di atas.
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!