Saturday, December 9, 2023
CounselorGangguan PsikologisKesehatan MentalKonseling PsikologiKonsultasi PsikologiPeraturanPeraturan Menteri Pendidikan dan KebudayaanPsikiaterPsikologUndang-Undang

Praktik Psikologi Supiori Terbaik – Mental Doctor

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari atau mendalami berbagai hal tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia. Seorang ahli psikologi atau psikolog dapat bekerja sama dengan psikiater dan dokter yang menangani pasien. Saat ini telah muncul beberapa praktik psikolog atau psikologi terbaik, keberadaannya baik di wilayah Supiori maupun wilayah lainnya.

Praktik Psikologi Supiori Terbaik - Mental Doctor

Kerja sama antara psikolog dan psikiater umumnya dilakukan bila pasien membutuhkan konseling sekaligus pengobatan dalam bentuk psikoterapi untuk menyelesaikan masalah psikologis atau memperbaiki perilaku pasien.

Praktik Psikologi Supiori Terbaik

Terdapat struktur kalimat yang lemah atau tidak utuh dari pernyataan tersebut.

Mengapa demikian?

Perhatikan struktur kalimat “Praktik Psikologi Supiori Terbaik”

Kita pahami bahwa penulisan kalimat praktik sudah benar, hal ini sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bahwa kata yang benar dan baku antara praktik atau praktek adalah praktik.

Selanjutnya, psikologi atau psikolog?

Kalimat yang tepat adalah psikolog bukan psychology (dalam bahasa inggris), karena psikologi itu adalah ilmu atau jasanya, sedangkan orang yang melakukannya adalah psikolog.

Sedangkan Supiori merupakan sebuah nama Kabupaten/Kota di Indonesia, penulisan yang baik dan benar seharusnya berawalan “di” karena menunjukkan nama tempat.

Sehingga struktur kalimat yang benar adalah “Praktik Psikolog Terbaik di Supiori” atau “Praktek Psikolog Terbaik di Supiori” karena kalimat praktek dan praktik memiliki makna yang sama, lain hal nya dengan psikolog dan psikologi yang memiliki makna berbeda.

Namun jika berbicara masalah siapa yang terbaik bukanlah penyedia jasa yang dapat menilai, penyedia jasa apapun baik itu programmer, IT, akuntan, hukum, dll sudah pasti tidak akan mengklaim bahwa praktiknya biasa-biasa saja apalagi mengklaim bahwa praktiknya merupakan yang terburuk. Sehingga penyedia jasa apapun akan memberikan predikat bahwa praktik miliknya lah yang terbaik termasuk praktik psikolog.

Lalu untuk apa memahami semua itu? Orang yang hendak melakukan Konseling Anak, Konseling Remaja, maupun Konseling Dewasa ataupun treatment psikologi berupa Hipnoterapi dan Terapi Emosi apa diperlukan belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar sampai harus memahami ejaan (EYD) yang disempurnakan segala bahkan harus memahami struktur kalimatnya?

Sebenarnya memahami hal tersebut sangat tidak diperlukan, hanya saja terkadang beberapa orang bingung sebaiknya memilih Psikolog atau Psikiater sebagai calon konselor atau terapisnya.

Ada yang seharusnya di tangani oleh psikiater malah datang ke psikolog, begitu pula sebaliknya, itu artinya beberapa orang belum paham perbedaan diantara keduanya.

Perbanyaklah membaca agar anda banyak paham, baca juga artikel ini hingga tuntas supaya anda juga tidak mengalami gagal paham.

Perbedaan Psikolog dan Psikiater

Mengutip dari wikipedia psikolog dimana dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan psychologist secara umum adalah seorang ahli psikologi, bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental.

Berdasarkan definisi tersebut nampak jelas bahwa struktur kalimat “Praktik Psikologi Supiori Terbaik” merupakan struktur kalimat yang lemah atau tidak utuh karena penulisan kalimat yang seharusnya adalah “Praktik Psikolog”.

Berdasarkan wikipedia juga psikiater adalah profesi dokter spesialistik yang memiliki spesialisasi dalam diagnosis dan penanganan gangguan emosional.

Sesuai dengan definisi tersebut, nampak jelas pula bahwa seorang psikiater merupakan dokter, kemudian pertanyaan selanjutnya apakah seorang psikolog juga dokter?

Seorang psikolog bukanlah dokter ataupun tenaga medis karena dari rumpun keilmuannya saja sudah berbeda, psikolog menimba ilmu pendidikan yang termasuk rumpun ilmu sosial sedangkan dokter menimba ilmu pendidikan yang termasuk rumpun ilmu terapan.

Hubungannya apa, ada rumpun keilmuan segala? Pahami Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 154 Tahun 2014 tentang Rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Serta Gelar Lulusan Perguruan Tinggi disini.

Perlu anda ketahui juga, lain hal nya dengan psikolog klinis dimana psikolog klinis ini merupakan tenaga kesehatan berdasarkan Undang-undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan pasal 11 ayat (1) yang menyatakan bahwa tenaga kesehatan dikategorikan ke dalam beberapa kelompok dimana di dalamnya termasuk tenaga psikologi klinis.

Pasal 11 ayat (2) juga menyatakan bahwa jenis Tenaga Kesehatan yang termasuk dalam kelompok tenaga psikologi klinis sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b adalah psikologi klinis.

Karena Undang-undang menyatakan demikian dan Negara Indonesia menganut hukum positif maka berlaku lah ketentuan peraturan perundang-undangan tersebut.

Selanjutnya apa definisi dari hukum positif?

Mengutip dari wikipedia, hukum real (Bahasa Latin: ius positum) adalah hukum yang dibuat oleh manusia yang mewajibkan atau menetapkan suatu tindakan. Istilah ini juga mendeskripsikan penetapan hak-hak tertentu untuk suatu individu atau kelompok.

Sederhananya hukum positif itu adalah kumpulan asas dan kaidah hukum tertulis yang ada pada saat ini.

Perbedaan Hukum Positif dan Hukum Negatif

Mungkin anda masih ingat sebuah pernyataan yang dibuat oleh Bapak Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman yang menyatakan kalau “Tuhan Bukan Orang Arab”.

Pernyataan tersebut viral di beberapa media sosial, padahal Bapak Dudung Abdurachman selaku Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) melalui klarifikasi nya menyatakan bahwa makna dari kalimat tersebut adalah “kalau kita berdo’a pakai bahasa Indonesia, Allah, Tuhan itu mengerti, karena Allah tahu bahasa Sunda, bahasa Jawa, bahasa Ambon, bahasa Inggris saja Allah tahu” (sumber: sindonesw).

Kalau boleh berkomentar, sebenarnya pernyataan tersebut juga lemah atau tidak utuh, manusia secara harfiah selalu mengejar sebuah pernyataan dengan logikanya.

Jika Tuhan bukan orang arab maka fikiran seseorang akan bertanya-tanya lantas Tuhan itu orang mana? Pertanyaan seperti ini yang mungkin akan melintas dalam otak manusia, terbukti pernyataan Bapak Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman ini viral di beberapa media sosial.

Mungkin sama hal nya dengan berbicara masalah hukum positif dan negatif.

Jika ada hukum positif lantas apakah ada hukum negatif?

Istilah hukum negatif itu tidak pernah ada dan/atau jarang juga orang menyebutnya. Tapi untuk memudahkan pemahaman atas pernyataan ini, kita pakai teori Hukum Kebalikan. Kalau pengertian hukum positif itu hukum yang sedang berlaku di tempat dan waktu tertentu, maka pengertian hukum negatif itu adalah hukum yang tidak berlaku.

Niat Mencari Informasi Praktik Psikologi Terbaik di Supiori Malah Melebar ke Segala Arah

Sebanarnya melebar ke segala arah kemudian anda paham lebih baik dari pada anda membuang uang, waktu, dan tenaga untuk sesuatu yang belum jelas?

Saat ini praktik psikolog cukup banyak, apakah itu di Supiori yang sesuai dengan tempat tinggal anda ataupun wilayah lainnya.

Anda mungkin akan berfikir melebar ke segala arah karena malas membaca informasi, kecuali jika anda memang sudah paham sebelumnya.

Artikel ini memang terkesan berbelit-belit karena tidak dibuat untuk orang yang sudah paham melainkan ditujukan kepada orang yang belum paham.

Nikmatilah sebuah proses, apalagi hanya proses membaca informasi kemudian anda paham, dan yang paling penting dalam menjalankan proses tersebut tidak memerlukan biaya alias gratis.

Ingat, dalam hidup ini tidak ada sesuatu yang benar-benar instan, segala sesuatu membutuhkan proses, mie instan saja yang jelas-jelas tercantum kalimat instan pada kemasannya tetap melalui proses di masak sebelum di makan.

Hal ini juga berlaku dalam menangani masalah psikologis yang tentunya berkaitan dengan masalah Gangguan Psikologis atau kesehatan mental.

Ingat juga, anda sudah puluhan kali ke dokter untuk berobat dan juga sudah diimunisasi sejak kecil agar tidak mudah sakit. Maka jangan berharap sekali ke psikolog lalu anda berubah menjadi Gandhi yang sangat lembut atau Nelson Mandela yang pemaaf.

Lalu dimana praktik psikolog terbaik di Supiori berada?

Anda dapat menghubungi Dinas Kesehatan setempat untuk mengetahui informasi tersebut, atau dengan mendatangani Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat untuk mencari informasi mengenai ada tidaknya rumah sakit atau klinik yang menyediakan poli jiwa di daerah tempat tinggal anda.

Hal tersebut perlu dilakukan jika memang anda hendak dan harus melakukan Konseling Tatap Muka.

Adakah Praktik Psikologi Terbaik di Supiori

Berbicara masalah mana yang terbaik dapat dikatakan bahwa semua praktik psikolog itu adalah yang terbaik, baik itu di Supiori ataupun daerah lainnya, karena mereka bukanlah arsitek, programmer, atau akuntan yang mungkin kurang paham di bidangnya.

Sebenarnya dalam mencari psikolog, psikiater ataupun konselor kesehatan mental lainnya yang terpenting adalah mereka bisa membuat anda nyaman dan menemukan solusi yang tepat atas masalah yang sedang anda alami.

Jika anda hanya ingin melakukan konsultasi masalah kesehatan mental melalui Konseling Online sebenarnya tidak harus mendatangi Dinas Kesehatan setempat apa lagi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat hanya untuk mencari informasi mengenai ada tidaknya rumah sakit atau klinik yang menyediakan poli jiwa di daerah tempat tinggal anda.

Teknis konseling online sebagaimana dimaksud biasanya dilakukan melalui aplikasi WhatsApp, Google Meet ataupun Zoom Meeting, tergantung pilihan anda, yang pasti daerah anda dapat menjangkau sinyal telepon dan/atau tersedia internet dengan kualitas baik.

Apa jadinya jika hendak melakukan konseling online tapi sinyal di daerah anda buruk atau memiliki kualitas internet yang tidak baik.

Konseling online sebagaimana dimaksud dapat berupa Konseling Anak, Konseling Remaja ataupun Konseling Dewasa.

Jika bingung harus konseling dengan siapa, baca dan pahami psikolog atau psikiater, konseling mana yang tepat untuk masalah anda disini.

Sebagai tambahan informasi tidak semua layanan psikologi menyediakan layanan terapi seperti Hipnoterapi ataupun Terapi Emosi.

Psikiater biasanya melayani konseling psikologi singkat, singkat maksudnya hanya 10 – 15 menit saja, bahkan kadang-kadang kurang dari itu karena terapi yang digunakan biasanya berupa saran untuk mengkonsumsi sebuah obat seperti Antidepresan maupun obat lainnya.

Sedangkan psikolog melayani konseling psikologi dengan batas maksimal 50 menit per satu sesi (tergantung kebijakan masing-masing psikolog) anda dapat menanyakannya terlebih dahulu sebelum melakukan sesi konsultasi.

Selain itu, terapi yang diberikan umumnya hanya berupa Terapi Kognitif, namun ada juga beberapa psikolog yang menyediakan layanan Hipnoterapi dan Terapi Emosi.

Mencari Praktik Psikologi Terbaik di Supiori dengan Memperhatikan Websitenya

Mencari praktik psikolog terbaik, baik itu di Supiori ataupun daerah lainnya sebenarnya sama saja, namun jika anda ingin lebih kritis dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan yang biasa kita kenal dengan istilah problem solving and decision making mungkin akan terfikirkan oleh anda jika website itu terdapat 2 jenis pilihan diantaranya website berbayar dan website gratis. Dimana letak perbedaan yang signifikan diantara keduanya? Website gratis biasanya tidak mendapatkan dukungan teknis, kualitas server, keamanan data pengguna, kelengkapan fitur yang terbatas.

Berbeda halnya dengan website berbayar, kalaupun website down karena terlalu banyak pengunjung hingga tidak bisa diakses maka kendala tersebut bisa disampaikan melalui support ticket layanan hosting untuk mengupgrade layanan.

Kesimpulannya jika sebuah website yang dibangun merupakan website gratisan, praktis tidak salah jika sejumlah orang memilki hipotesis bahwa website tersebut baru di bangun ataupun sepi pengunjung, dan bisa jadi sebagian besar orang kurang percaya terhadap kredibilitas profil pemilik website tersebut mengingat website berbayar sekalipun memiliki jumlah maksimal kapasitas pengunjungnya (tergantung dari paket yang digunakan).

Anda dapat menelusuri contoh website gratisan pada mesin pencari seperti google.

Adapun contoh website berbayar diantaranya memiliki domain sebagai berikut:

  • www.namadomain.com
  • www.namadomain.id
  • www.namadomain.co.id
  • www.namadomain.net
  • www.namadomain.org
  • www.namadomain.ac.id
  • www.namadomain.or.id
  • www.namadomain.info
  • dan masih banyak lagi

“Seumpama anda mendapat undangan wawancara kerja melalui email dengan domain gratisan. Bagaimana kesan pertama anda?”.

Mungkin jawaban anda adalah “DON’T LOOK THE BOOK JUST FROM THE COVER”.

Itu benar dan hampir semua orang pasti setuju dengan statement tersebut!!!

Tapi yang dibahas disini adalah, bagaimana kesan pertama anda? Sudah pasti anda memerlukan waktu dan biaya tambahan untuk menelusurinya. Bukankah anda membutuhkan solusi atas permasalahan anda dengan segera???

Berbicara website, tidak cukup jika hanya menilai dari domain yang digunakannya saja, terdapat indikator lain yang juga harus dipertimbangkan, dikutip dari whello beberapa kriteria website yang baik diantaranya:

1. Responsive

Mampu merespon tampilan website jika di akses di berbagai device pengunjung. Pengunjung akan memiliki device yang sangat beragam, baik itu desktop ataupun mobile, dan seharusnya tidak mengganggu kenyamanan pengunjung mengenai tampilan atau aksesibilitas website tersebut.

2. Design Website yang Simpel dan Mudah Digunakan

Tidak semua pengunjung langsung memahami isi dari website ketika pertama kali berkunjung, design yang simpel akan memberikan kesan yang lebih baik dibandingkan jika design terlihat lebih rumit sehingga membuat pengunjung malas untuk mengaksesnya secara berulang,

3. Speed Website Cepat

Setiap pengunjung tentunya ingin mengakses website yang cepat, speed yang cepat biasanya ditandai dengan loading yang tidak lama.

4. Konten yang Menarik dan Relevan

Konten yang menarik dan relevan, artinya jika website bertemakan tentang psikologi tentu isinya bukan tentang review merek handphone atau kecanggihan sebuah kamera.

5. Praktik Psikologi yang Katanya Terbaik Tersebut Baik di Supiori ataupun Daerah Lainnya Dikerumuni oleh Para Pengiklan yang Ingin Memasarkan Produk Barang Maupun Jasa di Website Miliknya

Inilah poin terakhir yang paling penting dari semua kriteria, untuk bisa menampilkan sebuah iklan tentunya konten dari website tersebut haruslah berkualitas dan bukan merupakan konten statis seperti portofolio sebuah perusahaan yang akan melakukan update konten ketika memiliki portofolio baru atau terdapat perubahan legalitas perusahaan, struktur organisasi maupun perubahan lainnya.

Agar bisa menampilkan iklan terdapat sejumlah kriteria yang ditentukan oleh google, yahoo, bing maupun mesin pencari lainnya, kriteria sebagaimana dimaksud berupa kebijakan-kebijakan yang sangat ketat, sehingga tidak mudah sebuah website untuk bisa menampilkan iklan.

Salah satu dari kriteria yang paling umum untuk bisa menampilkan iklan yaitu telah memiliki banyak pengunjung yang biasa kita kenal dengan istilah traffic, ini berarti website, profil, dan/atau pemilik dari website tersebut setidak-tidaknya telah dipercaya banyak orang yang diukur dengan indikator banyaknya jumlah pengunjung pada website tersebut.

Berbicara mengenai kepercayaan, bukankah di dunia nyata seperti supermarket, warung bakso, kedai kopi, dll juga seperti itu? Disamping itu sebuah iklan juga tidak mungkin di tempatkan pada area yang sepi pengunjung.

Mengapa?

Karena jika iklan ditempatkan pada area yang sepi, siapa yang nanti akan melihatnya? Berapa banyak orang yang akan melihatnya? Apakah beriklan pada area tersebut efektif? Semua itu akan diukur dan dipertimbangkan oleh google karena dalam hal ini pemilik iklan akan mengeluarkan sejumlah biaya, tentunya logika yang masuk akal jika pemilik iklan tidak akan bersedia mengeluarkan biaya untuk iklan yang ditempatkan pada area yang sepi atau kurang jumlah pengunjungnya.

Selain itu iklan yang ditempatkan juga tidak terlalu banyak apalagi terdapat popup yang mengganggu hingga menutupi konten yang sedang dibaca seolah memaksa pengunjung untuk melihatnya.

Mengapa demikian?

Karena anda sedang mencari psikolog atau psikiater bukan jasa marketing yang diperuntukan memasarkan barang atau jasa yang anda miliki. Tidak semua website yang konten di dalamnya membahas tentang teknologi dia juga berperan menjadi penjualnya, begitulah logika sederhananya.

Apakah Melakukan Konseling Psikologi Online dengan Seseorang yang Membuka Praktik Psikologi Baik itu di Supiori ataupun Daerah Lainnya Efektif?

Namanya konseling psikologi secara online tidak mengenal dari mana penyedia layanan tersebut berasal, apakah dia praktik psikolog di Supiori yang kebetulan sama dengan Kota tempat tinggal anda atau tidak.

Konseling psikologi online memiliki tujuan yang tidak jauh berbeda dengan konseling pada umumnya yaitu untuk mencari solusi atas masalah anda.

Simpelnya, jika anda melakukan konseling secara tatap muka, tentu pihak-pihak yang terlibat secara fisik hadir di satu ruangan yang sama. Sementara konseling yang dimediasi oleh teknologi menyiratkan bahwa antara konselor dan klien akan berada di lokasi yang berbeda.

Platform yang digunakan juga beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa di antaranya bisa menggunakan Google Meet, WhatsApp, Zoom Meeting, dan berbagai aplikasi lainnya.

Pada tahun 2018, sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Psychological Disorders menyatakan kalau konseling psikologi online itu terbilang efektif dan praktis. Selain itu juga ditemukan kalau KONSELING ONLINE SAMA EFEKTIFNYA DENGAN KONSELING TATAP MUKA untuk permasalahan seperti depresi hingga Gangguan Kecemasan.

Jurnal yang Lebih Update Mengenai Efektivitas Konseling Psikologi Secara Online

Selain itu jurnal yang lebih up to date pada tanggal publikasi 02 Desember 2021 yang dilakukan oleh Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Malikussaleh, Indonesia juga menunjukan hasil yang sama bahwa konseling psikologi online sangat efektif karena membantu menurunkan kecemasan dan kekhawatiran yang muncul. Semua klien merasakan perubahan yang lebih baik secara kognitif, perilaku dan emosi walaupun tidak melakukan konseling secara tatap muka.

Setelah sesi konseling semua klien merasa lebih lega, lebih tenang, kecemasan dan kekhawatiran berkurang dan mendapatkan insight yang lebih baik dalam melihat suatu persoalan, sehingga membuat fikiran lebih positif, perasaan lebih bersemangat dan termotivasi.

Hal ini sangat membantu klien dalam menghadapi berbagai masalah dengan lebih positif. Semua klien mempunyai keinginan untuk merekomendasikan layanan konseling online kepada kerabat, rekan kerja dan sahabat mereka. Lima (5) klien tetap ingin melanjutkan sesi konsultasi melalui online dan empat (4 klien) lebih tertarik untuk melakukan sesi konseling secara tatap muka.

Keefektifan konseling online dapat dilihat dari perolehan nilai skor yang tinggi pada post-test layanan konseling yang diberikan kepada semua klien. Hal ini menunjukkan bahwa hasil konseling psikologi online sangat efektif.

Jurnal yang lebih up to date pada tanggal publikasi 02 Desember 2021 sebagaimana dimaksud dapat dilihat disini.

Praktik Psikologi Terbaik di Supiori ataupun Daerah Lainnya – Catatan Wahana Bahagia

Seperti telah di jelaskan sebelumnya bahwa terdapat struktur kalimat yang lemah atau tidak utuh pada kalimat “praktik psikologi”.

Psikologi merupakan cabang ilmunya sementara psikolog merupakan orangnya, itu artinya struktur kalimat yang baik dan benar adalah “Praktik Psikolog di Supiori”.

Mungkin sebagian orang tidak menyadari bahwa struktur kalimat tersebut mengandung kelemahan atau tidak utuh, bahkan masih banyak orang yang selama ini salah mengira bahwa psikolog itu merupakan seorang dokter. Jika anda termasuk salah satu orang yang mempunyai pemikiran tersebut, mungkin yang dimaksud sebagai dokter psikolog adalah psikiater.

Meski memiliki tugas yang hampir serupa, psikolog dan psikiater adalah dua jenis profesi yang berbeda. Agar tidak salah dalam berkonsultasi, berikut penjelasan mendalam mengenai tugas psikolog dan jenis-jenis spesialisasinya.

Mengutip dari sehatq, psikolog adalah ahli ilmu psikologi yang berfokus pada pikiran dan perilaku. Orang dengan profesi ini menggunakan ilmu psikologi yang mereka pelajari untuk membantu mengatasi masalah, salah satunya terkait kesehatan mental.

Cara kerja psikolog dalam mendiagnosis masalah kesehatan mental adalah dengan metode interview, survei, dan observasi. Berbeda dengan psikiater, psikolog tidak dapat meresepkan obat untuk pasien karena mereka bukanlah dokter.

Psikolog membantu mengatasi masalah pasiennya dengan terapi wicara (talk therapy). Terapi bicara yang paling sering digunakan psikolog untuk mengatasi masalah pasien yaitu terapi perilaku kognitif atau yang biasa kita kenal dengan istilah Cognitive Behavioural Therapy (CBT). Dalam terapi ini, anda akan diajak untuk mengubah respon terhadap perilaku dan pola pikir negatif dengan cara positif.

Apabila pasiennya adalah seorang anak-anak, maka ia diperbolehkan untuk menilai area selain Kesehatan Mental, di antaranya fungsi kognitif dan kemampuan akademik. Mereka juga dapat melakukan jenis terapi yang biasanya tidak dilakukan psikiater seperti terapi bermain. Psikiater umumnya membantu pasien dengan masalah kesehatan mental yang lebih berat, untuk itu biasanya mereka meresepkan obat untuk di konsumsi oleh pasiennya.

Jenis-Jenis Praktik Psikolog, Praktik Psikolog Tidak Hanya di Supiori Melainkan Tersebar di Beberapa Wilayah di Indonesia

Psikolog terbagi ke dalam banyak jenis spesialisasi. Jenis spesialisasi psikolog disesuaikan dengan bidang tempat ia nantinya bekerja. Contohnya, psikolog olahraga diarahkan untuk membantu mengalami masalah psikologis atlet dan orang-orang yang berhubungan dengan dunia olahraga.

Mengutip dari lovia, beberapa profesi psikolog terbagi menjadi beberapa kategori diantaranya:

1. Konselor

Pekerjaan ini lebih kepada memberikan konseling kepada klien dan konseling ini diberikan kepada karyawan yang membutuhkan hal tersebut. Konselor biasanya menangani anak-anak, remaja, maupun dewasa bahkan transgender.

Konselor sangat dibutuhkan oleh LSM karena keberadaanya yang mendukung dan mempengaruhi untuk mendapatkan solusi. Ada juga konselor karir yang bisa memberikan gambaran kepada klien tentang pekerjaan yang akan dipilih.

Selain itu juga bisa memilih tempat kuliah dan pendidikan yang akan ditempuh sesuai dengan dirinya.

2. Psikolog Klinis

Pekerjaan ini memang bekerja di rumah sakit dan untuk yang bekerja di bidang ini harus menyelesaikan pendidikan psikologi klinisnya. Klien dalam pekerjaan ini adalah pasien-pasien yang memiliki masalah kejiwaan atau mentalnya yang terhambat.

Psikolog klinis membantu pasien mengatasi masalah kesehatan jiwa seperti melakukan wawancara klinis, observasi perilaku, dan tes psikometrik.

Masalah-masalah tersebut membantu seorang psikolog agar bisa mengidentifikasi masalah yang ada dan bisa mencari solusi untuk si pasien. Layanan yang disediakan oleh para psikolog klinis adalah konsultasi hubungan manusia di tempat kerja.

Selain itu juga konsultasi bagi orang-orang yang putus asa, seperti orang yang tidak ingin bersekolah dan mengalami Kekerasan Dalam Rumah Tangga, dan lain sebagainya. Karena pekerjaan ini setting layanannya di bidang kesehatan, maka umumnya bertugas untuk:

  1. Mensosialisasikan kebiasaan hidup sehat dan mengembangkan tingkah laku manusia yang menunjang kesehatan
  2. Untuk bidang medis, psikolog klinis bisa melakukan penanganan psikologis pasien yang menderita jenis penyakit tertentu

Psikolog klinis juga menangani pelayanan di sekolah, kesehatan mental individu, masyarakat, industri, dan lain sebagainya.

3. Psikolog Anak/Keluarga

Psikolog anak atau keluarga lebih ke perkembangan anak dan keluarga itu sendiri. Selain itu juga untuk meningkatkan kemandirian anak yang sesuai. Untuk psikolog anak sebisa mungkin psikolog bisa memaksimalkan fungsi anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya sebagai manusia.

4. Psikolog Perkawinan/Pernikahan

Pekerjaan ini cocok bagi pasangan yang memiliki gangguan mental dan emosional, baik secara kognitif, afektif, dan perilaku dalam rumah tangga. Dalam pekerjaan ini menerapkan sistem dan teori dari psikoterapi keluarga.

Selain itu juga penerapan teknik dalam melayani individu, pasangan, dan keluarga dengan tujuan mengobati Gangguan Psikologis yang sudah didiagnosis seperti hal-hal di atas. Dengan memberikan pertanyaan kepada klien psikolog bisa mengidentifikasi perasaan dan perilaku mereka.

Sehingga bisa diberi nasihat tentang permasalahan-permasalahan tersebut.

5. Psikolog Industri dan Organisasi

Pekerjaan ini merupakan cabang psikologi yang menerapkan prinsip dan teori psikologi ke dalam organisasi. Sehingga pekerjaan ini lebih terfokus kepada peningkatan produktivitas di tempat kerja dan masalah-masalah terkait seperti kesejahteraan fisik maupun jiwa karyawan.

Tugas-tugas pekerjaan ini meliputi mempelajari perilaku dan sikap karyawan. Selain itu mengevaluasi perusahaan, dan melakukan pelatihan kepemimpinan. Tujuan dari psikolog ini adalah untuk mempelajari dan memahami perilaku manusia di tempat kerja.

Sedangkan dikutip dari sehatq beberapa jenis spesialisasi psikolog yang bisa ditemui diantaranya:

1. Psikolog Klinis

Bertugas menilai, mendiagnosis, dan membantu mengatasi pasien yang merasakan tekanan psikologis dan punya masalah kesehatan mental. Psikolog klinis biasa ditemui di rumah sakit atau klinik kesehatan mental.

2. Psikolog Forensik

Fokus pada hubungan antara psikologi dan hukum. Tugasnya mulai dari konsultan dalam kasus pidana atau perselisihan perdata, evaluasi hak asuh anak, hingga menawarkan layanan psikoterapi bagi korban kejahatan.

3. Psikolog Kesehatan

Fokus pada bagaimana psikologis, biologis, kelompok sosial, dan perilaku berpengaruh terhadap kondisi kesehatan secara keseluruhan. Tugas psikolog kesehatan adalah meningkatkan kesehatan mental dan fisik, serta kesejahteraan dari pasiennya.

4. Psikolog Industri

Bertugas mempelajari perilaku di tempat bekerja, mulai dari memilih pekerja terbaik untuk melakukan pekerjaan tertentu hingga mencari cara meningkatkan produktivitas karyawan melalui program pelatihan.

5. Psikolog Anak

Bertugas menilai, mendiagnosis, dan membantu mengatasi masalah psikologis yang dialami oleh anak-anak dan remaja. Psikolog anak dapat membantu pasien yang memiliki masalah dalam perkembangan, ketidakmampuan untuk belajar hingga mengidap penyakit mental.

Sebelum Mencari Praktik Psikologi Supiori Terbaik, Ketahui Jenis-Jenis Terapi Psikologi yang Biasa Dilakukan Psikolog

Melansir dari klikdokter banyak terapi psikologis yang tersedia untuk membantu mengatasi masalah kesehatan mental. Sayangnya, stigma ‘orang gila’ membuat banyak dari mereka yang membutuhkan bantuan enggan menjalani terapi.

Padahal, terapi psikologis bukan hanya dilakukan oleh orang dengan gangguan mental saja. Terapi ini dapat bermanfaat bagi mereka yang merasa memiliki masalah psikologis dan ingin mencegah risiko gangguan yang lebih serius.

Misalnya, bagi yang merasa sedih berkepanjangan, cemas berlebihan, fobia terhadap sesuatu, menunjukkan perubahan perilaku tidak biasa, diperkenankan untuk melakukan terapis psikologis. Selain itu, jika mulai berhalusinasi atau pernah berpikir untuk bunuh diri, terapi psikologis juga bisa menjadi jawabannya.

Namun, memang tidak semua kondisi cukup diatasi dengan terapi. Terkadang, dibutuhkan kombinasi dengan obat-obatan ketika terapi psikologis tidak memberikan hasil yang maksimal bagi pasien.

Berikut adalah beberapa terapi psikologis yang telah terbukti efektif bagi kesehatan mental:

1. Cognitive Behavioural Therapy (CBT)

CBT adalah salah satu terapi psikologis yang sering digunakan untuk mengubah pemikiran, perilaku, atau emosi terhadap sesuatu. Terapi ini juga bertujuan agar kita dapat menyelesaikan masalah dan meningkatkan rasa bahagia.

Prinsip CBT fokus pada pemikiran dan persepsi yang memengaruhi perilaku. Oleh karena itu, pasien selalu diingatkan bahwa pikiran dan persepsi yang “sehat” adalah kuncinya.

CBT dapat digunakan untuk berbagai kondisi mental, seperti Depresi, kecemasan, gangguan stres pasca-trauma (PTSD), kelainan makan, gangguan obsesif kompulsif (OCD), fobia, atau insomnia.

2. Interpersonal Therapy (IPT)

IPT merupakan terapi yang relatif baru dan mirip dengan prinsip CBT. Apabila CBT fokus pada pikiran yang bisa memengaruhi persepsi diri sendiri, maka IPT punya fokus yang agak berbeda.

IPT bertujuan untuk mengubah pikiran dan perilaku yang berpengaruh terhadap hubungan dengan seseorang. Terapi ini banyak digunakan untuk mengatasi kelainan mood seperti gangguan bipolar.

Selain itu, IPT ini juga dapat digunakan ketika seseorang mengalami masa-masa sulit kehidupan seperti perceraian atau kematian anggota keluarga.

3. Terapi Pernikahan dan Keluarga

Terapi ini dikenal sebagai konseling Pernikahan atau konseling keluarga. Anda akan mempelajari perilaku anggota keluarga serta melihat bagaimana pengaruhnya terhadap hubungan, baik itu dengan anggota keluarga lain atau secara keseluruhan.

Pada terapi ini, anda akan menjalani sesi privat bersama terapis selama beberapa kali. Setelah itu, baru anda dan pasangan, atau anggota keluarga lainnya menjalani sesi bersama.

Terapi ini dinilai efektif untuk mengatasi konflik antar pasangan ataupun dengan anggota keluarga yang lain. Menurut sebuah studi, 70% pasangan yang memiliki konflik dan mengikuti terapi ini berhasil menyelesaikan masalahnya.

Jika anda hendak melakukan konseling yang berkaitan dengan masalah pernikahan atau Perceraian, hak asuh anak maupun harta gono-gini sebaiknya mencari psikolog yang mengerti tentang hukum karena perkara tersebut akan bersentuhan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perkawinan seperti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan juga perubahannya yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

4. Psychodynamic Therapy

Psychodynamic therapy dilakukan lewat pembicaraan secara mendalam. Terapi ini akan mendorong anda untuk berbicara bebas mengenai masalah, ketakutan, impian, dan fantasi yang anda miliki. Tujuannya, untuk mengurangi gejala negatif yang muncul dan meningkatkan rasa percaya diri.

Umumnya, psychodynamic therapy digunakan untuk mengatasi depresi. Namun, orang yang bermasalah dalam membentuk, mempertahankan hubungan, atau kehilangan arti hidup, juga bisa menjalani terapi ini.

Terapi psychodynamic juga bermanfaat baik bagi mereka yang sadar akan masalahnya, namun sulit untuk menyelesaikannya sendiri.

5. Terapi Seni

Terapi ini memberikan anda kebebasan mengekspresikan diri melalui seni. Misalnya, seperti melukis, menggambar, mewarnai, atau mematung. Nantinya, terapis berpengalaman dapat membantu memahami arti di balik karya tersebut dan akan dikaitkan dengan perasaan serta perilaku anda.

Terapi seni umumnya digunakan untuk anak-anak. Akan tetapi, orang usia berapa saja boleh melakukan terapi seni. Terapi ini dapat digunakan untuk memperbaiki kemampuan diri dalam membina hubungan dengan orang lain, serta fokus dengan proses dan cara untuk menyelesaikan masalah.

Tak hanya itu, terapi seni juga cocok untuk mereka yang memiliki masalah dalam mengekspresikan perasaan, cemas berlebihan, atau merasa putus asa.

6. Psikoedukasi

Psikoedukasi dilakukan dengan memberikan edukasi mengenai masalah mental tertentu. Terapis akan memberi pengetahuan mengenai kondisi mental anda, bagaimana cara mengatasi masalah, atau di mana harus mencari pertolongan lebih lanjut.

Terapi ini biasanya dilakukan dalam bentuk kelas, support group, ataupun sesi privat dengan terapis.

Therapy ini sebetulnya dapat dilakukan untuk mengatasi masalah psikologis apapun. Terapi akan efektif jika pasien punya tilikan (kemampuan menilai) yang cukup baik untuk mencerna informasi. Namun, jika tilikan pasien buruk dan sedang berada dalam fase akut, psikoedukasi tidak terlalu disarankan.

7. Hipnoterapi

Hipnoterapi dilakukan dengan menargetkan Alam Bawah Sadar pasien. Alhasil, ketika pasien diberi saran untuk menyelesaikan masalahnya, ia dapat menerima dengan baik.

Selain itu terapi ini membuat pasien lebih rileks sehingga dapat mengelola dan melakukan Manajemen Stres dengan baik. Hipnoterapi umumnya dikombinasikan atau digunakan dengan jenis terapi lainnya.

Bagi anda yang ingin mengatasi masalah, seperti fobia, insomnia, ingin berhenti merokok, atau disfungsi seksual, hipnoterapi bisa jadi pilihan.

Demikian artikel yang membahas mengenai Praktik Psikologi Supiori Terbaik – Mental Doctor, semoga bermanfaat!!!

Jika anda hendak melakukan konsultasi dengan Wahana Bahagia dapat menghubungi media komunikasi berupa email, telepon maupun whatsapp yang tercantum dalam contact page disini.

Download aplikasi Wahana Bahagia di google play store disini.

Ringkasan
Praktik Psikologi Supiori Terbaik - Mental Doctor
Nama Artikel
Praktik Psikologi Supiori Terbaik - Mental Doctor
Deskripsi
Saat ini telah muncul beberapa praktik psikologi terbaik, baik di wilayah Supiori maupun wilayah lainnya yang dapat anda hubungi untuk melakukan konseling psikologi dalam rangka mencari solusi atas masalah yang anda alami.
Penulis
Penerbit
Wahana Bahagia
Logo Penerbit
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!