Saturday, July 20, 2024
CounselorGangguan PsikologisKesehatan MentalKonseling PsikologiKonsultasi PsikologiPsikiaterPsikolog

Konsultasi Psikiater Gunung Mas – Kesehatan Mental

Ketika mendengar tentang psikiater, hampir terlintas di pikiran semua orang jika melakukan konsultasi dengan psikiater artinya orang tersebut sedang mengalami penyakit gangguan jiwa. Memang tidak salah, psikiater bekerja untuk mengatasi penyakit gangguan jiwa sehingga sebagian orang mungkin malu melakukan konseling atas permasalahan hidupnya, tetapi perlu diketahui profesi ini lebih tepatnya berfokus untuk mendiagnosis, mengobati dan mencegah gangguan mental, emosional, serta perilaku. Namun sebagian orang tetap saja malu untuk melakukan konsultasi dengan psikiater sampai harus melakukan konseling secara online, entah karena malu atau takut sampai-sampai mencari layanan konseling psikologi di luar daerah Gunung Mas.

Konsultasi Psikiater Gunung Mas - Kesehatan Mental

Sudah menjadi rahasia umum, sebagian orang mungkin beranggapan datang ke psikiater hanya untuk orang yang mengalami gangguan jiwa. Belum lagi stigma di masyarakat yang masih menganggap profesi psikiater melekat kuat terhadap gangguan jiwa. Padahal kesadaran untuk memelihara Kesehatan Mental begitu penting. Peran profesi psikolog dan psikiater sangat vital dalam membantu mengatasi masalah mental. Lalu, kapan harus ke psikiater dan kapan harus ke psikolog?

Sebagian orang masih bingung membedakan yang mana psikolog dan yang mana psikiater, oleh karena itu jika termasuk anda yang masing bingung membedakan kedua profesi tersebut, baca dan pahami artikel mengenai Konsultasi Psikiater Gunung Mas – Kesehatan Mental ini sampai tuntas agar anda tidak mengalami gagal paham.

Pengertian Konsultasi

Melansir dari wiktionary konsultasi merupakan pertukaran pikiran untuk mendapatkan kesimpulan (nasihat, saran, dsb.) yang sebaik-baiknya.

Selain itu definisi berbagai sumber juga menyebutkan bahwa konsultasi merupakan layanan konseling yang dilaksanakan oleh konselor terhadap seorang pelanggan yang pada dasarnya dilaksanakan secara perorangan dalam format tatap muka antara konselor (sebagai konsultan) dengan konsulti.

Konsulti sebagaimana dimaksud bisa berupa pelanggan, konsumen, pembeli, klien, pengguna jasa, atau istilah lainnya yang tidak terbatas pada masalah psikologis atau mental saja.

Konsultasi dapat juga dilakukan terhadap dua orang konsulti atau lebih, selain itu dapat juga dilaksanakan di berbagai tempat dan berbagai kesempatan, seperti di sekolah atau di kantor tempat konsultan bekerja, di lingkungan keluarga yang mengundang konselor, ditempat konselor praktik mandiri (privat), atau di tempat-tempat lain yang dikehendaki konsulti dan disetujui konselor. Di manapun konsultasi dilakukan, suasana yang tercipta haruslah relaks dan kondusif serta memungkinkan terlaksananya asas-asas konseling dan teknik-teknik konsultasi.

Layanan konsultasi adalah layanan konseling oleh konselor sebagai konsultan kepada konsulti dengan tujuan memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang perlu dilaksanakan konsulti dalam rangka membantu terselesaikannya masalah yang dialami pihak ketiga (konseli yang bermasalah). Layanan tersebut dilakukan melalui tiga tahap, diantaranya:

  • Tahap konsultasi, yang dilakukan oleh konselor kepada konsulti
  • Tahap penanganan, yang dilakukan oleh konsulti kepada konseli atau pihak ketiga
  • Tahap monitoring atau evaluasi
Berdasarkan tahapan tersebut dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
  • Tahap konsultasi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mencari akar masalah yang menjadi topik pembahasan saat sesi konseling
  • Tahap penanganan merupakan kegiatan yang bertujuan mencari solusi atas permasalahan yang timbul, dan
  • Tahap monitoring merupakan tahapan terakhir untuk mengukur berhasil tidaknya berbagai alternatif solusi yang telah di implementasikan

Perlu di ingat bahwa kegiatan konseling psikologi merupakan kontrak kerja antara pasien dengan Konselor, bukan kontrak hasil, karena psikolog maupun psikiater juga manusia biasa, mereka bukanlah malaikat yang memiliki otoritas penuh terhadap hidup anda.

Etika Konseling

Terdapat beberapa etika dalam melakukan konseling diantaranya kerahasiaan, kesukarelaan, dan keputusan diambil oleh klien sendiri (Munro, dkk). Ketiga etika tersebut terkait langsung dengan asas-asas konseling. Kerahasiaan konsulti dan pihak ketiga, hal-hal yang menyangkut diri dan masalah mereka, dirahasiakan dengan ketat oleh konsultan (konselor). Dengan jaminan untuk terjaganya rahasia konsulti dan pihak ketiga itu, konsulti diharapkan bersikap sukarela datang sendiri kepada konselor untuk melakukan konsultasi. Selanjutnya konsulti juga terbuka mengemukakan dan mendiskusikan berbagai hal, baik berkenaan dengan diri konsulti sendiri maupun permasalahan pihak ketiga, untuk suksesnya proses konsultasi.

Sebagaimana dalam proses konseling pada umumnya, dalam konsultasi konsulti diberi kebebasan sepenuhnya untuk menyimpulkan dan mengambil keputusan sendiri, yaitu keputusan yang dianggapnya paling tepat. Keputusan konsulti itu diambil tentu saja setelah dilakukannya analisis dan diskusi mendalam tentang hal-hal yang (akan) menjadi isi dari keputusannya itu.

Apabila suatu keputusan telah diambil oleh konsulti, baik keputusan itu sudah tepat, apalagi kalau tampaknya “kurang tepat”, hal yang perlu dilakukan oleh konsultan ialah mendiskusikan lebih lanjut keputusan yang diambil konsulti itu. Konsulti dibawa untuk dapat melihat ke depan dan mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi apabila keputusan itu dilaksanakan. Hal-hal positif apa yang dapat diraih dan hal-hal negatif dan/atau hambatan apa yang dapat terjadi. Disamping itu, perlu didiskusikan pula apa yang akan dilakukan konsulti apabila:

  • Pelaksanaan keputusan itu tidak mulus
  • Pelaksanaannya terkendala
  • Ada unsur-unsur tertentu menghalangi implementasi keputusan tersebut

Etika konseling sebagaimana telah di uraikan di atas berlaku juga dalam melakukan konseling psikologi baik yang dilakukan secara Online maupun secara langsung atau yang biasa dikenal dengan istilah Konseling Tatap Muka.

Pengertian Psikiater

Melansir dari wiktionary pula, psikiater merupakan dokter yang ahli dalam penyakit jiwa. Beberapa penyakit jiwa yang biasanya di tangani oleh psikiater diantaranya:

  • Gangguan mental organik
  • Gangguan mental dan perilaku akibat penyalahgunaan zat psikoaktif, alkohol, dan obat-obatan terlarang
  • Gangguan tidur, seperti insomnia, hipersomnia, gangguan siklus tidur, mimpi buruk, dan tidur berjalan
  • Masalah seksual, seperti parafilia, penurunan gairah seksual, vaginismus, dispareunia, gangguan orgasme, dan disfungsi seksual
  • Gangguan makan, seperti bulimia dan anoreksia
  • Gangguan emosional dan perilaku pada anak-anak atau remaja, misalnya gangguan perkembangan, disabilitas intelektual, gangguan tingkah laku, hiperaktif, dan autisme
  • Gangguan kepribadian
  • Gangguan kecemasan dan fobia, misalnya serangan panik dan post traumatic stress disorder (PTSD)
  • Gangguan obsesif kompulsif (OCD)
  • Psikosis, seperti skizofrenia
  • Gangguan suasana hati, seperti gangguan bipolar dan depresi
  • Gangguan psikologis lainnya yang wajib di waspadai perkembangannya

Kegiatan psikiater adalah merawat pasien yang mengalami gangguan kesehatan kejiwaan. Biasanya psikiater akan memberi penanganan berbentuk pengobatan, konseling, perantaraan serta perubahan gaya hidup.

Setiap psikiatri diwajibkan menempuh pendidikan spesialisasi selama 4 tahun serta masa pelatihan khusus psikiatri. Sesudah itu, maka akan memperoleh gelar dokter spesialis kesehatan jiwa atau biasa disebut dengan psikiater.

Masalah yang umumnya ditangani berhubungan dengan kesehatan mental seperti gangguan jiwa, Depresi serta skizofrenia.

Psikiater juga bertanggung jawab untuk mengambil penanganan pada penderita gangguan mental. Pasien akan melakukan serangkaian pengobatan dan psikiater akan melakukan evaluasi tentang masalah kejiwaan dilihat dari sisi medis.

Psikiater sendiri berbeda dengan psikolog, sebab psikiater bertugas mengobati kesehatan mental berdasarkan ilmu medis.

Tempat kerja psikiater ada di rumah sakit, praktik pribadi, praktik umum, lembaga pemasyarakatan atau penjara serta universitas. Umumnya, psikiater juga bekerja sama dengan perawat kejiwaan, terapis kejiwaan, konselor, psikolog klinis, okupasi serta pekerja sosial ketika merawat pasien dengan gangguan jiwa.

Pengertian Konsultasi Psikiater

Berdasarkan uraian mengenai konsultasi dan psikiater di atas maka dapat ditarik kseimpulan bahwa konsultasi psikiater merupakan sebuah kegiatan konseling yang dilakukan dengan psikiater, konseling sebagaimana dimaksud tentunya adalah konseling yang berhubungan dengan masalah mental atau kejiwaan.

Konsultasi dengan psikiater biasanya bertujuan untuk melakukan perawatan, perawatan sebagaimana dimaksud adalah perawatan jiwa ataupun mental/psikis.

Ada berbagai jenis perawatan yang digunakan psikiater, seperti psikoterapi, obat-obatan, intervensi psikososial, dan perawatan lain tergantung pada kebutuhan setiap pasien. Psikoterapi adalah jenis perawatan utama yang dilakukan oleh psikiater. Perawatan ini kadang-kadang disebut juga dengan terapi bicara. Pasalnya, perawatan ini melibatkan pembicaraan antara terapis dan pasien. Psikoterapi dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan mental dan kesulitan emosional.

Tujuan psikoterapi adalah untuk menghilangkan atau mengontrol gejala yang melumpuhkan atau mengganggu, sehingga pasien dapat merasa lebih baik. Psikoterapi biasanya juga dikombinasikan dengan perawatan obat-obatan. Setelah menyelesaikan evaluasi menyeluruh, psikiater dapat meresepkan obat untuk membantu mengatasi gangguan mental. Contoh obat-obatan yang dapat diresepkan psikiater sebagaimana dilansir dari halodoc meliputi:

  • Antidepresan
    Obat ini digunakan untuk mengobati depresi, gangguan panik, PTSD, Gangguan Kecemasan, gangguan obsesif kompulsif, gangguan kepribadian ambang, dan gangguan makan
  • Obat antipsikotik
    Antipsikotik digunakan untuk mengobati gejala psikotik, seperti delusi dan halusinasi, skizofrenia, serta gangguan bipolar.
  • Sedatif dan anxiolytics
    Untuk mengobati kecemasan dan insomnia
  • Hipnotik
    Digunakan untuk mendorong dan mempertahankan tidur
  • Stabilisator suasana hati
    Digunakan untuk mengobati gangguan bipolar
  • Stimulan
    Stimulan sering digunakan untuk mengobati attention deficit hyperactivity disorder (ADHD)

Selain psikoterapi dan obat-obatan, perawatan lain yang terkadang digunakan adalah terapi elektrokonvulsif (ECT). Perawatan ini melibatkan penerapan arus listrik ke otak, paling sering digunakan untuk mengobati depresi berat yang tidak merespons perawatan lain. Jika anda merasa mengalami kondisi-kondisi di atas, jangan ragu untuk bicara dengan psikiater.

Apakah Anda Mencari Layanan Konsultasi Psikiater di Gunung Mas?

Sebelum anda mencari layanan konseling psikologi dengan psikiater, perlu anda ketahui bahwa psikiater dan psikolog tidaklah sama, keduanya memiliki peran masing-masing. Meskipun sama-sama mempelajari cabang ilmu yang menangani masalah psikologis atau kejiwaan. Namun, psikiater dan psikolog memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda.

Agar lebih jelas dan dapat memahami perbedaan profesi di antara keduanya, silahkan baca artikel mengenai perbedaanya disini.

Psikiater adalah seorang dokter spesialis yang fokus menangani kesehatan mental dengan memberikan layanan terapi dan konseling. Psikiater tidaklah sama dengan psikolog, psikiater mendapatkan pelatihan medis yang memungkinkan untuk meresepkan obat dan melakukan prosedur. Jadi, tak heran bila psikiater dapat menangani pasien-pasien yang membutuhkan pengobatan lebih lanjut. Pengobatan yang biasa dilakukan menggunakan beberapa obat khusus sesuai kondisi pasien.

Sedangkan psikolog menitikberatkan pada layanan konseling dan dukungan non-medis. Seorang psikolog umumnya lulusan dari jurusan Psikologi. Psikolog juga memberikan terapi dan konseling terhadap penderita gangguan kesehatan mental, namun seorang Psikolog tidak boleh memberikan resep obat dan berfokus mengatasi masalah kesehatan mental dengan terapiseperti Hipnoterapi maupun Terapi Emosi.

Kapan Harus ke Psikiater? Adakah Layanan Konsultasi Psikiater di Gunung Mas?

Terdapat juga sumber lainnya mengatakan bahwa psikiater biasanya menangani pasien-pasien yang mengalami gangguan kesehatan mental, antara lain:

  1. Depresi mayor
  2. Skizofrenia
  3. Gangguan bipolar
  4. Gangguan kecemasan
  5. Disfungsi seksualde
  6. Disforia gender
  7. Gangguan terkait zat dan adiktif
  8. Gangguan kepribadian
  9. ADHD (Masalah kesehatan mental terkait kesulitan fokus, hiperaktif, dan berperilaku implusif)

Berdasarkan uraian mengenai pasien-pasien yang biasanya di tangani oleh psikiater di atas, hampir sama dengan uraian sebelumnya yang dikutip dari sumber berbeda.

Itulah beberapa kondisi kesehatan mental yang membutuhkan pengobatan lebih lanjut. Biasanya psikiater mengatasi kondisi tersebut dengan melakukan konseling, dan baru meresepkan obat sesuai kondisi pasien bila diperlukan. Ada pun obat yang dapat digunakan antara lain seperti Antidepresan, obat antipsikotik, penstabil suasana hati, dan obat penenang. Selain obat-obatan, psikiater juga menggunakan beberapa teknik terapi untuk membantu mengobati pasien.

Sedangkan berbicara mengenai informasi ada tidaknya layanan konsultasi psikiater dapat anda cari informasinya dengan mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) atau Dinas Kesehatan setempat.

Kecuali psikiater di Kota anda melakukan praktik ilegal, meski anda mencari informasinya langsung ke instansi tempat dia bekerja seperti RSUD atau Dinas Kesehatan setempat, tentu namanya tidak akan terdaftar disana.

Kapan Harus ke Psikolog? Haruskah dengan Psikolog di Gunung Mas atau Psikolog Terdekat?

Anda tidak perlu menunggu hingga mengalami gejala yang berat untuk mempertimbangkan berkonsultasi dengan seorang psikolog. Bila anda berkonsultasi, psikolog akan membantu anda dengan berusaha menggali dan memperhatikan pikiran serta kesehatan mental melalui perkataan dan cara pikir anda. Psikolog akan memastikan terlebih dahulu apakah anda betul-betul mengalami permasalahan mental/kejiwaan, dan mencari tahu respon anda terhadap dalam sesi konseling.

Psikolog biasanya akan memulai dengan mengajak berdiskusi mengenai masalah yang tengah anda rasakan. Jadi, melalui konseling inilah pendekatan yang difokuskan untuk mengubah pola pikir atau pikiran negatif pasien. Informasi yang jelas dan lengkap dari pasien tentu akan memudahkan psikolog mengatasi masalah kesehatan mental, sehingga sangat disarankan untuk pasien berkonsultasi empat mata, bila memang membutuhkan privasi khusus. Pada kasus khusus, proses konseling juga dapat diajarkan oleh Psikolog untuk dilanjutkan di rumah oleh keluarga atau pun orang terdekat pasien.

Selanjutnya haruskah memilih psikolog yang terdekat dengan tempat tinggal kita? Tentu hal ini tergantung kepada bagaimana kasusnya, terdapat beberapa masalah kesehatan mental yang sebenarnya dapat di konsultasikan dengan psikolog secara online yang dikenal dengan istilah Konseling Psikologi Online atau Konsultasi Psikologi Online, selain itu juga di kenal pula istilah e-counseling.

Bagaimana Memilih di antara Keduanya?

Pernahkah anda merasa bingung harus memilih kedua profesi di atas? Lalu bagaimanakah memilih di antara keduanya? Hal terpenting yang perlu anda sadari adalah fakta bahwa penyakit mental tidaklah berbeda dengan penyakit fisik.

Sama seperti orang yang mengalami patah tulang memiliki kerusakan struktur pada tubuhnya (tulang), orang dengan penyakit mental (semisal depresi) juga memiliki kerusakan pada struktur saraf pusatnya (keseimbangan neuro-transmitter).

Jika anda merasa mungkin memiliki masalah kesehatan mental seperti depresi, Gangguan Bipolar, skizofrenia, maka keputusan terpenting adalah menjalani konseling atau terapi wicara terlebih dahulu, tanpa perlu mempertimbangkan apakah lebih baik ke psikolog ataupun psikiater. Ketika anda sudah menjalani konseling/terapi bicara dan pikiran serta respon anda terhadap masalah yang sedang anda alami sudah terbuka lebih jelas, barulah keputusan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada psikiater/psikolog diambil.

Psikiater dan psikolog saling melengkapi dalam pekerjaan mereka. Prinsip dasarnya adalah obat-obatan (bila memang diperlukan) akan diberikan oleh psikiater untuk mengendalikan gejala di tahap awal penanganan, agar pasien dapat berkonsentrasi dan menjalani terapi yang diberikan dengan efektif. Setelah ada kemajuan/perbaikan, maka obat-obatan akan diubah/diturunkan perlahan sembari intensitas terapi dengan psikolog ditingkatkan. Apakah anda memilih psikolog atau psikiater, pastikan mereka memiliki kepribadian dan cara berkomunikasi  yang baik melalui pendekatan terhadap pengobatan yang membuat anda nyaman sehingga terapi akan semakin efektif.

Untuk melihat apakah seorang psikolog atau psikiater memiliki kepribadian dan cara berkomunikasi yang baik melalui pendekatan terhadap pengobatan yang membuat anda nyaman dapat melihat Gallery portofolio maupun channel YouTube nya, dengan begitu anda bisa menilainya sendiri secara langsung.

Selanjutnya tinggal memetakan apakah Psikolog atau Psikiater, Konseling Mana yang tepat untuk Masalah Anda saat sesi konseling telah berakhir.

Cara Menentukan Psikiater yang Tepat

Apakah anda tertarik untuk membuat janji dengan psikiater? Jika anda masih bingung menemukan ahli kesehatan mental untuk berkonsultasi, anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada dokter yang anda kenal. Konsultasi dengan psikolog atuapun psikiater tidak hanya disarankan pada pasien yang dicurigai memiliki kelainan mental, tetapi juga pada orang-orang dengan mental yang sehat. Beberapa layanan komprehensif yang dapat dilakukan pada orang-orang sehat meliputi:

  1. Evaluasi kesehatan mental
  2. Skrining risiko kondisi kesehatan mental dengan Mini Mental State Exam
  3. Mempelajari teknik-teknik kesehatan mental seperti Manajemen Stres, cara mempersepsikan kegagalan/penolakan dalam hidup

Bila anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan mental, tidak usah ragu utk menanyakan kepada dokter yang anda kenal. Lalu, bagaimana menentukan psikolog/psikiater yang tepat? Anda akan mengetahuinya saat menjalani konseling baik itu dengan psikolog maupun psikiater, apakah psikolog atau psikiater yang cocok untuk anda & bersedia memahami dan mengerti perspektif anda, serta bekerjasama dalam menentukan keputusan terapi.

Sama hal nya dalam memilih psikolog sebagai terapis anda nantinya, memilih psikiater juga dapat dilakukan dengan cara melihat apakah seorang psikolog tersebut memiliki cara berkomunikasi yang baik dan pendekatan terhadap pengobatan yang membuat anda nyaman dapat melihat Gallery portofolio maupun channel YouTube nya.

Cara untuk Memaksimalkan Sesi Konsultasi dengan Psikiater di Gunung Mas

Penting untuk menemukan ahli kesehatan mental yang sesuai dengan kebutuhan anda. Bila anda bertemu dalam beberapa sesi konsultasi dan tidak sesuai harapan, munkgin saatnya anda untuk mencari psikologi/psikiater lain. Anda bisa menyuarakan preferensi anda untuk memastikan kecocokan yang baik dan menciptakan hubungan terapeutik yang kuat.

Tidak perlu merasa sungkan untuk meminta dirujuk pada psikolog/psikiater lain, karena keinginan dan ekspektasi setiap orang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang berharap psikiater lebih terlibat. Sementara yang lain memilih psikiater untuk lebih banyak mendengarkan dan berbicara lebih sedikit. Pastikan anda bersikap terbuka dan jujur agar psikiater dapat memberikan perawatan yang lebih baik sesuai kebutuhan pasien.

Terlepas dari seberapa berat menurut anda masalah kesehatan mental yang mungkin dialami teman dekat/saudara atau bahkan diri anda sendiri, tidak perlu merasa malu untuk menjalani konsultasi dengan psikiater. Terapi paling efektif seringkali merupakan kombinasi dari layanan psikolog maupun psikiater untuk mempercepat efek terapi.

Saatnya anda menentukan kapan harus ke psikiater dan psikolog dalam menjalani sesi terapi bersama terapis anda! Bila anda tertarik, terapis wahana bahagia merupakan perusahaan perorangan yang terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Menyediakan beberapa layanan konseling seperti Konseling Anak, Konseling Remaja maupun Konseling Dewasa.

Selain itu berpengalaman pula menjadi narasumber di beberapa instansi dalam topik bagaimana cara membangun kesehatan mental pada diri anak, remaja maupun dewasa, beberapa pengalaman menjadi narasumber tersebut dapat dilihat disini.

Catatan Wahana Bahagia Mengenai Konsultasi Psikiater Gunung Mas – Kesehatan Mental

Selama ini kebanyakan orang akan merasa tidak nyaman bila berobat ke dokter jiwa atau sering disebut psikiater. Hal ini disebabkan karena prasangka dan stigma dari masyarakat terhadap orang-orang yang berobat ke dokter jiwa. Masyarakat kita kebanyakan menganggap orang sakit jiwa berat alias gila yang datang ke dokter jiwa.

Pendapat ini tentunya salah besar. Tidak salah memang dokter jiwa dikatakan mengobati pasien jiwa berat alias gila atau dalam bahasa kedokterannya Skizofrenia. Tapi pasien Skizofrenia hanyalah sebagian dari pasien yang datang ke dokter jiwa. Selebihnya adalah pasien-pasien yang mengalami depresi, gangguan kecemasan, masalah pribadi dan sosial serta pasien-pasien medis yang mengalami gangguan psikologis akibat sakit kronik yang dideritanya.

Melekatnya stigma masyarakat, sebagian orang menjadi enggan bahkan tidak mau melakukan konsultasi dengan psikiater termasuk masyarakat di wilayah Gunung Mas.

Layanan konsultasi psikiater dapat di temukan di Rumah Sakit Umum Daerah setempat, jika anda tinggal di Gunung Mas, tinggal mengunjungi RSUD atau Dinas Kesehatan setempat.

Ada pula psikiater yang memang bisa menggunakan layanan BPJS, informasi tersebut dapat dilihat disini.

Pasien Apa Saja yang Harus Melakukan Konsultasi dengan Psikiater di Gunung Mas?

Seperti telah disebutkan di atas, ternyata yang datang ke dokter jiwa bukan hanya pasien-pasien gangguan jiwa berat seperti Skizofrenia tapi juga pasien-pasien depresi dan gangguan kecemasan, hal ini berlaku di semua daerah termasuk Gunung Mas.

Depresi dan kecemasan di dalam praktek kedokteran sering kali timbul sebagai suatu gangguan fisik. Pasien depresi misalnya selain mengeluh perasaan putus asa dan hampa, seringkali disertai keluhan fisik seperti gangguan perut, nyeri otot, lemah dan perasaan lelah yang hebat, sulit tidur, sakit kepala serta perasaan tidak nyaman di tubuh.

Sedangkan kecemasan bisa timbul sebagai keluhan jantung berdebar, rasa tercekik, perasaan sebah dan ingin muntah, keluar keringat dingin terus menerus, gemetaran, rasa panas di badang yang tidak dapat dijelaskan sampai nyeri-nyeri otot. Pada kecemasan panik bahkan pasiennya merasa takut mati atau menjadi gila. Hal ini seringkali salah dikira oleh pasien sebagai gangguan jantung atau serangan jantung.

Ada juga pasien gangguan medis umum seperti diabetes, stroke, kanker atau rematik yang menjadi depresi atau cemas akibat penyakitnya. Hal ini bila dibiarkan akan mengganggu proses penyembuhan dari penyakit dasarnya juga. Ada pula pasien yang sering mengeluh kondisi tubuhnya yang tidak nyaman (biasanya berhubungan dengan adanya nyeri, gangguan perut dan gangguan fungsi seksual) tapi setelah diperiksa tidak ada masalah. Pasien inilah yang dahulu disebut sebagai gangguan Psikosomatik.

Apa yang Dilakukan Dokter Jiwa?

Setelah mendiagnosis pasien, tentunya akan segera diambil tindakan terapi untuk mengatasi gejala yang dialami pasien. Pengobatan dalam kedokteran jiwa dibagi menjadi dua yaitu dengan obat dan psikoterapi.

Pengobatan dengan obat dalam jangka waktu tertentu dikarenakan pasien yang mengalami gangguan jiwa akan berubah juga struktur dan mekanisme di dalam otaknya. Untuk mengembalikan fungsi itu dibutuhkan obat yang tepat dan berguna untuk pasien.

Ketakutan pasien selama ini adalah ketergantungan obat. Hal ini tentunya tidak perlu ditakutkan karena hal itu tidak akan terjadi. Kebanyakan masyarakat kita sendiri masih belum paham benar apa arti dari ketergantungan. Ketergantungan adalah bila pasien terus meningkatkan dosis obat untuk mendapatkan efek dari obat dan tidak mampu berfungsi secara pribadi dan sosial karena sibuk mencari obat tersebut. Hal ini tidak terjadi pada pemakaian obat-obat jiwa dalam pengawasan dokter.

Psikoterapi yang intinya pengobatan dengan cara-cara psikologis seperti terapi perilaku, terapi kognitif dan relaksasi juga sangat diperlukan. Psikoterapi sudah terbukti secara ilmiah dapat membantu proses penyembuhan pasien dan mampu mengatasi masalah-masalah pasien ketika pasien sudah tidak memakai obat lagi.

Jadi jangan takut untuk ke dokter jiwa untuk berkonsultasi. Satu hal penting yang perlu diingat bahwa gangguan jiwa baik itu skizofrenia, depresi atau kecemasan yang tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan kerusakan otak. Keadaan ini dapat membuat orang yang menderitanya mengalami penurunan fungsi berpikir yang berat.

Hal yang dilakukan psikiater

Ketika anda melakukan konsultasi dengan psikiater baik di Gunung Mas maupun daerah lainnya sama saja, dokter psikiater akan mengajukan beberapa pertanyaan kepada pasien terkait dengan masalah dan gangguan yang terjadi dalam keseharian mereka. Psikiater juga akan memberikan perawatan dan pengobatan yang sesuai dengan setiap pasien. Para ahli ini akan mulai menilai gejala mental dan fisik yang dialami, lalu membuat sebuah diagnosis untuk menentukan pengobatan yang tepat.

Nantinya, psikiater akan membantu pasien untuk mengelola kondisi kesehatan jiwanya. Selain itu, para pasien pun akan diberikan saran untuk menjalankan gaya hidup sehat. Dalam beberapa kasus, para dokter spesialis jiwa pun akan bekerja sama dengan keluarga, pasangan, dan orang-oran terdekat lainnya untuk memberikan saran terbaik menghadapi penyakit psikiatri yang dialami.

Para psikiater pun bisa bekerja sama dengan dokter spesialis lainnya untuk memperdalam informasi sebuah penyakit. Mereka pun bisa merujuk pasiennya ke dokter spesialis lain jika diperlukan.

Psikiater biasanya juga akan melakukan psikoterapi atau terapi bicara untuk menjalin hubungan antara mereka dengan para pasiennya. Tujuan melakukan psikoterapi adalah mengontrol gejala yang mengganggu para pasien supaya pengobatan bisa berjalan dengan baik.

Kompetensi dokter spesialis jiwa:

  • Gangguan kepribadian
  • Gangguan kecemasan
  • Gangguan obsesif kompulsif
  • Gangguan mood atau suasana hati
  • Skizofrenia
  • Gangguan emosional dan perilaku
  • Gangguan mental dan perilaku akibat adiksi obat-obatan, alkohol
  • Gangguan tidur
  • Masalah seksual
  • Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia

Dokter spesialis jiwa juga dapat mengambil pendidikan spesialisasi tambahan seperti:

  • Psikiatri geriatri (lansia)
  • Psikiatri psikosomatis
  • Psikiater kecanduan (adiksi)
  • Psikiatri anak dan remaja
  • Psikiater forensik (hukum)

Waktu yang Tepat Menemui Psikiater

Stigma tentang psikiater dan gangguan mental memang masih lekat di masyarakat. Hal ini yang membuat mereka yang sebenarnya mengalami gangguan kesehatan mental menjadi enggan untuk mencari bantuan ke psikiater. Cari tahu tanda anda atau orang terdekat perlu segera berkonsultasi ke psikiater:

Untuk melakukan konsultasi bersama psikiater di Gunung Mas maupun daerah lainnya.

1. Tidak bisa mengontrol emosi

Emosi yang muncul bisa sangat normal dalam beberapa situasi. Seseorang mungkin merasa marah, sedih, takut, tersinggung karena banyak faktor, bahkan muncul keinginan bunuh diri. Namun, emosi bisa menjadi sangat tidak bisa terkontrol dan keluar begitu saja. Saat itulah, anda perlu mendatangi psikiater untuk mendapatkan cara mengelola emosi supaya bisa lebih terkontrol.

2. Perubahan pola tidur

Beberapa orang menganggap perubahan pola tidur adalah hal yang biasa. Namun, hal ini bisa saja dipengaruhi oleh gangguan mental. Masalah tidur bukan hanya terjadi saat anda sulit terlelap pada malam hari. Anda yang suka terbangun pada tengah malam juga bisa terjadi akibat stres dan kecemasan.

3. Perubahan performa

Untuk para remaja dan usia sekolah, perubahan performa terjadi saat mengalami masalah terhadap akademis atau tidak fokus dalam kegiatan. Di sisi lain, mereka yang lebih senior mengalami perubahan performa saat kehilangan konsentrasi melakukan pekerjaan atau hal-hal yang disenangi.

4. Merasa terasing dari lingkungan sosial

Mereka yang menderita depresi atau kecemasan berlebih cenderung menarik diri dari lingkungan sosial. Mereka merasa sendiri dan tidak memiliki teman untuk berbagi cerita atau kesenangan menjalani hidup sehari-hari. Saat anda merasa hal itu terjadi, segeralah datang ke psikiater.

5. Menderita sakit tanpa sebab

Penyakit fisik bisa terjadi akibat masalah gangguan mental juga. Anda yang sering menderita sakit kepala, perut, atau tubuh malas melakukan sesuatu bisa terjadi karena ada gangguan mental yang menyerang.

6. Sering mengalami mimpi buruk

Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa pun tanpa bisa dikontrol. Namun, hal tersebut bisa menjadi indikator gangguan mental saat mimpi buruk sudah terjadi hampir setiap malam.

7. Kecemasan yang berlebihan

Rasa cemas bisa datang dalam beberapa kesempatan. Menunggu kelahiran anak, pengumuman kelulusan, atau hendak tampil di depan umum. Namun, kecemasan pada hal kecil yang datang terus-menerus merupakan tanda adanya gangguan. Kecemasan yang berlebihan juga bisa membawa seseorang untuk melukai dirinya sendiri atau percobaan bunuh diri.

Gangguan psikiatri bisa terjadi akibat banyak faktor dan bisa memengaruhi kehidupan sehari-hari. Mengetahui tanda-tanda gangguan kesehatan mental akan membantu anda menentukan waktu yang tepat untuk datang ke psikiater. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari dokter spesialis kejiwaan untuk menyelesaikan gangguan mental dan mencari solusinya.

8. Bagaimana jika tidak menemukan layanan konsultasi psikiater di Gunung Mas atau di Kota anda?

Pada zaman teknologi informasi sekarang ini, melakukan konseling psikologi dapat dilakukan secara online, dengan adanya layanan tersebut artinya jarak dan waktu sudah bukan merupakan hambatan.

Sepanjang anda memiliki perangkatnya seperti laptop atau handphone, jaringan internet yang stabil, maka konseling psikologi dapat dilakukan meski konselor dan konseli tidak berada pada tempat yang sama dalam satu ruang maupun waktu.

Demikian artikel mengenai Konsultasi Psikiater Gunung Mas – Kesehatan Mental, semoga bermanfaat!!!

Download aplikasi Wahana Bahagia di google play store disini.

Ringkasan
Konsultasi Psikiater Gunung Mas - Kesehatan Mental
Nama Artikel
Konsultasi Psikiater Gunung Mas - Kesehatan Mental
Deskripsi
Hampir terlintas di pikiran semua orang termasuk masyarakat Gunung Mas, jika melakukan konsultasi dengan psikiater artinya orang tersebut pengidap gangguan jiwa. Padahal, lebih tepatnya berfokus pada masalah gangguan mental, emosional, serta perilaku.
Penulis
Penerbit
Wahana Bahagia
Logo Penerbit
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!