Saturday, July 20, 2024
CounselorEmosi NegatifGangguan PsikologisKeputusan Kepala Dinas KesehatanKesehatan MentalKonseling PsikologiKonsultasi PsikologiPsikiaterPsikolog

Konsultasi Psikiatri Waropen – Kesehatan Mental

Sebagai warga Waropen, apakah anda pernah mendengar istilah psikiatri? Apa itu konsultasi psikiatri? Apakah terdapat layanan konsultasi psikiatri di Waropen? Psikiatri merupakan cabang ilmu kedokteran yang fokus pada pencegahan, diagnosis, dan pengobatan gangguan mental, perilaku dan emosional. Psikiater adalah seorang dokter medis yang berspesialisasi dalam bidang kesehatan mental.

Konsultasi Psikiatri Waropen - Kesehatan Mental

Pengertian Konsultasi

Melansir dari wiktionary konsultasi merupakan pertukaran pikiran untuk mendapatkan kesimpulan (nasihat, saran, dsb.) yang sebaik-baiknya.

Selain itu definisi berbagai sumber juga menyebutkan bahwa konsultasi merupakan layanan konseling yang dilaksanakan oleh konselor terhadap seorang pelanggan yang pada dasarnya dilaksanakan secara perorangan dalam format tatap muka antara konselor (sebagai konsultan) dengan konsulti.

Konsulti sebagaimana dimaksud bisa berupa pelanggan, konsumen, pembeli, klien, pengguna jasa, atau istilah lainnya yang tidak terbatas pada masalah psikologis atau mental saja.

Konsultasi dapat juga dilakukan terhadap dua orang konsulti atau lebih, selain itu dapat juga dilaksanakan di berbagai tempat dan berbagai kesempatan, seperti di sekolah atau di kantor tempat konsultan bekerja, di lingkungan keluarga yang mengundang konselor, ditempat konselor praktik mandiri (privat), atau di tempat-tempat lain yang dikehendaki konsulti dan disetujui konselor. Di manapun konsultasi dilakukan, suasana yang tercipta haruslah relaks dan kondusif serta memungkinkan terlaksananya asas-asas konseling dan teknik-teknik konsultasi.

Layanan konsultasi adalah layanan konseling oleh konselor sebagai konsultan kepada konsulti dengan tujuan memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang perlu dilaksanakan konsulti dalam rangka membantu terselesaikannya masalah yang dialami pihak ketiga (konseli yang bermasalah). Pada umumnya layanan tersebut dilakukan melalui tiga tahap, diantaranya:

  • Tahap konsultasi, yang dilakukan oleh konselor kepada konsulti
  • Tahap penanganan, yang dilakukan oleh konsulti kepada konseli atau pihak ketiga
  • Tahap monitoring atau evaluasi
Berdasarkan tahapan tersebut dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
  • Tahap konsultasi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mencari akar masalah yang menjadi topik pembahasan saat sesi konseling
  • Tahap penanganan merupakan kegiatan yang bertujuan mengimplementasikan berbagai macam solusi atas permasalahan yang timbul, dan
  • Tahap monitoring merupakan tahapan terakhir untuk mengukur berhasil tidaknya berbagai alternatif solusi yang telah di implementasikan

Perlu di ingat bahwa kegiatan konseling psikologi merupakan kontrak kerja antara pasien dengan Konselor, bukan kontrak hasil, karena psikolog maupun psikiater juga manusia biasa, mereka bukanlah malaikat yang memiliki otoritas penuh terhadap hidup anda.

Pengertian Psikiatri

Melansir dari sehatq psikiatri adalah ilmu kedokteran yang menangani gangguan kesehatan jiwa. Mengalami gangguan tidur dan kecemasan berlebih adalah tanda anda perlu datang ke psikiater.

Psikiatri dikenal sebagai ranah yang mendalami perilaku gangguan mental. Para spesialis yang ada di dalam bidang tersebut akan berhadapan langsung dengan kinerja otak manusia dan melihat kondisi mental seseorang. Bidang psikiatri ini tidak kalah penting dengan beragam cabang ilmu kedokteran yang menangani kesehatan fisik.

Banyak penyakit medis umum yang memberikan gejala gangguan perilaku dan dapat menyebabkan perubahan dalam berpikir dan mood. Berbagai gejala tersebut menyebabkan peningkatan keterlibatan psikiatri dalam pelayanan kedaruratan. Saat ini juga telah banyak pasien dengan alasan medis yang datang dengan ciri-ciri kepribadian dan mekanisme koping yang maladaptif yang dapat mempersulit penatalaksanaan medisnya.

Dalam semua situasi ini, peran psikiater sebagai konsultan dan penghubung dapat menjadi sangat penting dalam memfasilitasi perawatan yang tepat. Psikiater hendaknya mampu dalam mengelola pasien yang mengalami kegawatdaruratan, mengelola masalah sistem rumah sakit, informasi tentang penyakit medis dan psikiatris, terampil dalam konflik resolusi, etis dan legal tentang tanggung jawab untuk keamanan pasien.

Secara keseluruhan, kedaruratan psikiatri merupakan bidang yang masih terus berkembang. Klinisi diharapkan memiliki kemampuan atau keahlian pada consultation-liaison psychiatry, manajemen krisis, brief psychotherapy, risk assessment dan pengetahuan yang luas mengenai pengobatan, sistem pelayanan rumah sakit dan kesehatan, serta psikiatri secara umum.

Setiap orang bisa mengalami gangguan kesehatan mental atau jiwa dalam menjalani aktivitas harian. Silahkan cari tahu informasi lengkap tentang psikiatri dan alasan anda perlu datang ke psikiater dengan memahami isi dari seluruh artikel ini.

Mengenal Psikiatri

Psikiatri adalah cabang kedokteran yang menangani pencegahan dan pengobatan gangguan mental, emosional, dan perilaku seseorang. Karena termasuk dalam ilmu kedokteran, ahli dalam bidang psikiatri juga merupakan seorang dokter yang disebut psikiater.

Psikiater adalah dokter medis yang memiliki spesialis dalam Kesehatan Mental dan penyalahgunaan zat. Mereka akan memberikan diagnosis, menjalankan metode pengobatan, dan melakukan pencegahan kepada pasien untuk mengatasi masalah kesehatan mental. Seorang psikiater juga perlu mengambil studi kedokteran sebelum melanjutkan spesialisasi bidang psikiatri.

Psikiater akan mendapatkan pengetahuan untuk memahami masalah kompleks antara hubungan emosional dengan penyakit lainnya. Para psikiater juga bisa melakukan serangkaian tes laboratorium medis dan psikologis dalam proses penanganan pasien. Dengan begitu, psikiater bisa mencari hubungan dan mengevaluasi data medis dan psikologis yang ada dari seorang pasien.

Psikiatri biasanya berfokus pada manajemen perilaku dan gejala. Proses pengobatan dilakukan bersamaan dengan proses evaluasi (jika pemberian terapi telah memungkinkan). Wawancara awal tidak hanya berfungsi untuk memperoleh informasi diagnostik yang penting, tetapi juga untuk terapi. Dalam melakukan proses evaluasi, bila fasilitas tidak memadai, dapat dilakukan perujukan pada fasilitas kesehatan lainnya yang memiliki fasilitas yang cukup untuk penatalaksanannya.

Terapi yang umumnya digunakan oleh psikiater atau psikiatri antara lain:

  • Farmakoterapi
  • Seclusion (isolasi) dan Restraint (fiksasi fisik), dan
  • Psikoterapi

Hal yang dilakukan Psikiater

Dokter psikiater akan mengajukan beberapa pertanyaan kepada pasien terkait dengan masalah dan gangguan yang terjadi dalam keseharian mereka. Psikiater juga akan memberikan perawatan dan pengobatan yang sesuai dengan setiap pasien. Para ahli ini akan mulai menilai gejala mental dan fisik yang dialami, lalu membuat sebuah diagnosis untuk menentukan pengobatan yang tepat.

Nantinya, psikiater akan membantu pasien untuk mengelola kondisi Gangguan Psikologis yang di deritanya. Selain itu, para pasien pun akan diberikan saran untuk menjalankan gaya hidup sehat. Dalam beberapa kasus, para dokter spesialis jiwa pun akan bekerja sama dengan keluarga, pasangan, dan orang-oran terdekat lainnya untuk memberikan saran terbaik menghadapi penyakit psikiatri yang dialami.

Para psikiater pun bisa bekerja sama dengan dokter spesialis lainnya untuk memperdalam informasi sebuah penyakit. Mereka pun bisa merujuk pasiennya ke dokter spesialis lain jika memang itu diperlukan.

Psikiater biasanya juga akan melakukan psikoterapi atau terapi bicara untuk menjalin hubungan antara mereka dengan para pasiennya. Tujuan melakukan psikoterapi adalah mengontrol gejala yang mengganggu para pasien supaya pengobatan bisa berjalan dengan baik.

Dalam prosesnya, psikiater akan mengubah perilaku atau pola pikir, serta membantu pasien untuk mengeksplorasi pengalaman yang pernah mereka alami. Metode ini akan dilakukan dalam beberapa sesi selama satu atau dua minggu. Namun, bisa lebih panjang lagi jika masalah yang dihadapi lebih besar. Untuk masalah yang besar, dibutuhkan juga kerja sama dari pasien agar rutin berkonsultasi ke psikiater supaya pengobatan berjalan dengan baik.

Perlu anda ketahui, cakupan kompetensi dokter spesialis jiwa diantaranya:

  • Gangguan kepribadian
  • Gangguan kecemasan
  • Gangguan obsesif kompulsif
  • Gangguan mood atau suasana hati
  • Skizofrenia
  • Gangguan emosional dan perilaku
  • Gangguan mental dan perilaku akibat adiksi obat-obatan, alkohol
  • Gangguan tidur
  • Masalah seksual
  • Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia

Dokter spesialis jiwa juga dapat mengambil pendidikan spesialisasi tambahan seperti:

  • Psikiatri geriatri (lansia)
  • Psikiatri psikosomatis
  • Psikiater kecanduan (adiksi)
  • Psikiatri anak dan remaja
  • Psikiater forensik (hukum)

Pengertian Konsultasi Psikiatri

Berdasarkan uraian mengenai konsultasi dan psikiater di atas maka dapat ditarik kseimpulan bahwa konsultasi psikiater merupakan sebuah kegiatan konseling yang dilakukan seorang pasien dengan psikiater, konseling sebagaimana dimaksud tentunya adalah konseling yang berhubungan dengan masalah mental atau kejiwaan.

Konsultasi dengan psikiater biasanya bertujuan untuk melakukan perawatan, perawatan sebagaimana dimaksud adalah perawatan jiwa ataupun mental/psikis.

Ada berbagai jenis perawatan yang digunakan psikiater, seperti psikoterapi, obat-obatan, intervensi psikososial, dan perawatan lain tergantung pada kebutuhan setiap pasien. Psikoterapi adalah jenis perawatan utama yang dilakukan oleh psikiater. Perawatan ini kadang-kadang disebut juga dengan terapi bicara. Pasalnya, perawatan ini melibatkan pembicaraan antara terapis dan pasien. Psikoterapi dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan mental dan kesulitan emosional.

Tujuan psikoterapi adalah untuk menghilangkan atau mengontrol gejala yang melumpuhkan atau mengganggu, sehingga pasien dapat merasa lebih baik. Psikoterapi biasanya juga dikombinasikan dengan perawatan obat-obatan. Setelah menyelesaikan evaluasi menyeluruh, psikiater dapat meresepkan obat untuk membantu mengatasi gangguan mental. Contoh obat-obatan yang dapat diresepkan psikiater sebagaimana dilansir dari halodoc meliputi:

  • Antidepresan
    Obat ini digunakan untuk mengobati depresi, gangguan panik, PTSD, Gangguan Kecemasan, gangguan obsesif kompulsif, gangguan kepribadian ambang, dan gangguan makan
  • Obat antipsikotik
    Antipsikotik digunakan untuk mengobati gejala psikotik, seperti delusi dan halusinasi, skizofrenia, serta gangguan bipolar.
  • Sedatif dan anxiolytics
    Untuk mengobati kecemasan dan insomnia
  • Hipnotik
    Digunakan untuk mendorong dan mempertahankan tidur
  • Stabilisator suasana hati
    Digunakan untuk mengobati gangguan bipolar
  • Stimulan
    Stimulan sering digunakan untuk mengobati attention deficit hyperactivity disorder (ADHD)

Selain psikoterapi dan obat-obatan, perawatan lain yang terkadang digunakan adalah terapi elektrokonvulsif (ECT). Perawatan ini melibatkan penerapan arus listrik ke otak, paling sering digunakan untuk mengobati depresi berat yang tidak merespons perawatan lain. Jika anda merasa mengalami kondisi-kondisi di atas, jangan ragu untuk bicara dengan psikiater.

Pengertian Konsultasi Psikiatri Waropen

Ketika anda mencari informasi mengenai layanan konsultasi psikiatri di daerah anda atau Waropen, pastikan anda memahami siapa itu psikiatri, dan apa itu psikiatri sebagaimana telah di uraikan di atas.

Permasalahannya banyak orang keliru mengenai perbedaan antara Psikolog atau Psikiater yang cocok untuk calon terapisnya, meski kedua profesi tersebut berkecimpung di dunia yang sama yaitu penanganan masalah gangguan psikologis, namun terdapat perbedaan yang mencolok diantara keduanya.

Psikolog bukanlah seorang dokter sedangkan psikiater adalah seorang dokter, karena psikolog bukan dokter maka psikolog tidak bisa meresepkan obat-obatan untuk pasiennya.

Metode penanganan yang di gunakan pun cukup berbeda dimana psikolog menggunakan terapi perilaku maupun emosi sedangkan psikiater cenderung menggunakan obat-obat an.

Sehingga anda tidak bisa meminta resep obat tertentu kepada psikolog, ada pula seorang pasien yang memerlukan terapi perilaku seperti Hipnoterapi atau Terapi Emosi malah datang ke psikiater dan mengkonsumsi obat yang di resepkannya.

Masalah yang di alami mungkin bisa teratasi saat itu juga, namun yang menjadi masalah berikutnya adalah ketika reaksi obat berhenti manajemen emosi yang baik juga berhenti karena yang dibutuhkan sebenarnya adalah terapi perlaku.

Terkadang ada juga pasien yang memerlukan psikolog dan psikiater dalam waktu bersamaan, artinya dia menjalankan dua terapi sekaligus yaitu terapi dengan sejumlah obat dan terapi perilaku.

Ilmu Psikiatri, Apakah ada Layanan Konsultasi Psikiatri di Waropen?

Seperti halnya penjelasan di atas, ilmu psikiatri adalah ilmu kedokteran yang berfokus pada kesehatan jiwa seseorang. Sebelum menjadi psikiater, mereka harus menempuh pendidikan kedokteran. Mereka akan menyelesaikan gelar sarjana program kedokteran selama 4 tahun dan program ko-asistensi selama 1,5-2 tahun. Kemudian, mereka harus menjalani program residensi spesialis psikiatri selama 5 tahun.

Sementara bila psikiater menginginkan sub bidang khusus, mereka harus melanjutkan 1-2 tahun untuk menempuh pendidkan spesialisasi. Adapun contoh departemen ilmu kesehatan jiwa meliputi:

  1. Divisi psikoterapi
    Divisi psikoterapi merupakan subspesialisasi di bidang psikiatri yang menangani kasus kompleks, seperti gangguan kepribadian dan gangguan pengendalian implus emosional
  2. Divisi neuropsikiatri dan psikometeri
    Divisi neuropsikiatri dan psikometri merupakan subspesialisasi di bidang psikiatri yang menangani pasien gangguan jiwa kronis dan Transcranial Magnetic stimulation untuk kasus skizofrenia.
  3. Divisi psikiatri anak dan remaja
    Divisi psikiatri anak dan remaja merupakan subspesialisasi di bidang psikiatri yang menangani masalah perilaku negatif pada anak dan remaja. Pada divisi ini khusus menangani masalah yang berakitan pada anak dan remaja dengan optimal menggunakan kekuatan-kekuatan positif yang ada pada diri anak dan lingkungannya
  4. Divisi psikiatri geratri
    Divisi psikiatri geriatri merupakan subspesialisasi di bidang psikiatri yang mempunyai fokus perhatian terhadap upaya untuk mencegah, mendiagnosis, dan mengobati gangguan fisik dan psikologis usia lanjut
  5. Divisi psikiatri adiksi
    Divisi psikiatri adiksi merupakan subspesialisasi di bidang psikiatri yang fokus menangani ketergantungan dan penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif
  6. Divisi psikiatri forensik
    Psikiatri forensik bertugas membantu hukum dan pengadilan untuk menyelidiki masalah mental manusia

Ilmu Psikiatri yang di pelajari di berbagai perguruan tinggi di Indonesia tidaklah jauh berbeda karena 1 kurikulum pendidikan yang terpusat pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, yang membedakannya adalah, setelah mereka lulus ada yang membuka praktek konsultasi psikiatri di Waropen, ada juga di daerah lainnya yang tersebar di wilayah Indonesia.

Bidang Subspesialisasi Psikiatri

Melansir dari alodokter, untuk menjadi psikiater, seseorang harus menempuh sekolah kedokteran terlebih dahulu. Setelah itu, ia perlu menjalani masa pelatihan dan pendidikan spesialisasi selama 4 tahun yang secara khusus mempelajari bidang psikiatri.

Setelah menyelesaikan masa pelatihan, psikiater dapat melanjutkan pelatihan atau pendidikan khusus untuk mendapatkan subspesialisasi di bidang psikiatri. Beberapa subspesialisasi dalam psikiatri meliputi:

1. Psikiatri anak dan remaja

Subspesialisasi psikiatri secara khusus menangani gangguan mental pada anak dan kelompok usia remaja. Kondisi kejiwaan anak yang membutuhkan penanganan psikiater, misalnya gangguan perkembangan, anak dengan ADHD, gangguan spektrum autisme, gangguan makan, gangguan mood, dan skizofrenia.

2. Psikiatri usia lanjut atau geriatri

Bidang psikiatri ini berfokus pada pengobatan gangguan mental dan emosional yang dialami lansia. Seperti halnya anak-anak, lansia juga memiliki jenis gangguan, kebutuhan, dan pengobatan yang berbeda dengan orang dewasa pada umumnya.

Dengan begitu, pemilihan dan pemberian dosis obat-obatan harus disesuaikan dengan usia lansia tersebut.

3. Psikiatri forensik

Bidang psikiatri ini secara khusus mendiagnosis dan mengelola kesehatan mental pasien yang berkaitan dengan hukum. Psikiater forensik biasanya akan memberikan pelayanan kepada orang dengan gangguan mental yang berada di penjara.

4. Psikiatri adiksi

Ini merupakan subspesialisasi psikiatri yang secara khusus menangani pasien dengan satu atau lebih gangguan kejiwaan terkait masalah kecanduan. Contohnya adalah kecanduan obat-obatan atau minuman beralkohol.

Kondisi Kesehatan yang Bisa Diobati Psikiater, Segera Konsultasi dengan Psikiatri Waropen atau Daerah Lainnya jika Kondisi dibawah ini Terjadi pada Anda

Banyak gangguan kesehatan mental yang dapat diobati secara efektif setelah pasien berobat ke psikiater. Kondisi kesehatan mental yang dapat didiagnosis dan ditangani oleh psikiater, meliputi:

  • Gangguan kecemasan
  • Fobia
  • Gangguan obsesif kompulsif (OCD)
  • Gangguan stres pascatrauma (PTSD)
  • Gangguan kepribadian
  • Skizofernia
  • Gangguan mood, seperti depresi, dan gangguan bipolar
  • Gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia
  • Insomnia
  • Gangguan adiksi, seperti kecanduan obat-obatan atau minuman beralkohol

Tindakan Medis yang Bisa Dilakukan Psikiater dalam Kegiatan Konsultasi Psikiatri Termasuk di Waropen

Ada banyak metode perawatan yang digunakan psikiater untuk menyembuhkan masalah kejiwaan, di antaranya:

1. Pemeriksaan Medis Kejiwaan

Pemeriksaan medis kejiwaan adalah rangkaian pemeriksaan untuk menentukan apakah seseorang mengalami masalah pada kejiwaannya atau tidak. Serangkaian pemeriksaan ini bisa meliputi wawancara, pemeriksaan fisik, dan tes tertulis yang dilakukan melalui kuesioner.

2. Psikoterapi

Psikoterapi adalah suatu metode yang dilakukan melalui konseling secara mendalam untuk mengenali kondisi, perasaan, dan pikiran pasien terkait keluhan yang dialami. Metode terapi ini juga dapat dilakukan untuk membantu pasien dalam mengendalikan atau membentuk perilaku positif terhadap masalah yang sedang dihadapi.

3. Pemberian obat-obatan

Pemberian obat-obatan ini dilakukan untuk memperbaiki ketidakseimbangan kimia dalam otak yang dianggap sebagai salah satu penyebab gangguan mental seseorang, sehingga dapat mengurangi atau mengendalikan gejala yang dialami pasien gangguan jiwa.

4. Terapi elektrokonvulsif (ECT)

Electroconvulsive therapy (ECT) adalah suatu tindakan terapi menggunakan aliran listrik untuk memicu kejang pada pasien gangguan mental. Terapi ini biasanya dilakukan pada pasien gangguan mental berat, seperti depresi, katatonia, dan demensia, serta tidak menunjukan perbaikan dengan terapi obat-obatan.

5. Rehabilitasi adiksi

Rehabilitasi adiksi merupakan suatu perawatan yang dilakukan untuk memulihkan kualitas hidup penderita adiksi agar dapat mengurangi, mencegah, serta menghentikan gangguan yang dialami, terutama pada kondisi kecanduan terhadap NAPZA atau minuman beralkohol.

Keberhasilan pengobatan gangguan kejiwaan tergantung dari komitmen pasien serta kerja sama antara psikiater, pasien, dan pihak keluarga. Keluarga dan orang-orang terdekat pasien juga perlu bersabar karena umumnya pengobatan gangguan mental membutuhkan waktu.

Pada dasarnya, untuk menemui psikiater tidak selalu harus menunggu hingga terjadi gangguan mental. Anda yang sedang sehat pun terkadang juga perlu menjalani pemeriksan kesehatan mental atau skrining awal kesehatan mental.

Hal ini penting agar masalah kesehatan mental dan psikologis yang mungkin dialami dapat segera ditangani sedini mungkin sebelum kondisinya semakin memburuk.

Ilmu psikiatri sangat penting dalam menangani gangguan kesehatan mental, emosional, dan perilaku. Jika Anda merasa mengalami keluhan yang memengaruhi kesehatan mental Anda, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan psikiater agar mendapat pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

Catatan Wahana Bahagia Mengenai Konsultasi Psikiatri Waropen

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, psikolog dan psikiater merupakan profesi yang sama-sama berfokus pada masalah kesehatan mental, kegiatan nya pun sama-sama bergerak dalam masalah Konseling Anak, Konseling Remaja maupun Konseling Dewasa.

Konseling sebagaimana dimaksud juga dapat dilakukan secara online maupun tatap muka (sesuai kebutuhan). Namun konseling secara online tidak di rekomendasikan bagi pasien yang selalu berkeinginan untuk melakukan bunuh diri.

Selain konseling, juga terdapat layanan hipnoterapi dan terapi emosi yang informasinya dapat dilihat disini dan disini.

Adapun layanan lainnnya seperti tes psikologi yang informasinya dapat di lihat disini.

Wahana bahagia memberikan layanan konseling secara daring melalui telepon atau video call, jika anda hendak melakukan konseling dengan wahana bahagia dapat menghubungi media komunikasi berupa email, telepon maupun WhatsApp yang tercantum disini.

Download juga aplikasi Wahana Bahagia di google play store disini.

Ringkasan
Konsultasi Psikiatri Waropen - Kesehatan Mental
Nama Artikel
Konsultasi Psikiatri Waropen - Kesehatan Mental
Deskripsi
Apa itu konsultasi psikiatri? Apakah terdapat layanan konsultasi psikiatri di Waropen? Psikiatri merupakan cabang ilmu kedokteran yang fokus pada pencegahan, diagnosis, dan pengobatan gangguan mental, perilaku dan emosional.
Penulis
Penerbit
Wahana Bahagia
Logo Penerbit
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!