Saturday, April 20, 2024
AppointmentKesehatan MentalKonseling PsikologiKonsultasi Psikologi

Sehat Mental Selama PPKM

Sehat Mental Selama PPKM

Seberapa Penting Sehat Mental Selama PPKM Dibalik Angka Positif Covid-19 yang Semakin Meningkat

Sehat mental selama PPKM sangatlah dibutuhkan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan banyaknya penduduk yang terpapar Virus Covid 19. Angka positif dari terpaparnya virus ini semakin hari semakin bertambah, bahkan puncaknya adalah di tahun 2021. Hal ini menyebabkan pemerintah melakukan sebuah program untuk mengurangi penyebaran Virus Covid 19 yang senantiasa cepat menular di kalangan masyarat. Salah satu program yang diterapkan adalah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM). Program PPKM ini dilakukan dihampir semua wilayah dan kota di Indonesia. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini dilakukan serentak pada 3 Juli – 20 Juli 2021.

Berhadapan dengan pandemi tersebut, bukan masalah kesehatan fisik saja yang wajib di jaga, melainkan ada hal yang sama krusialnya yakni menjaga kesehatan mental. Sehat mental selama PPKM ini jelas sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan imunitas. Faktor kejenuhan, kurangnya mobilitas, rendahnya aktivitas, dan sempitnya kesempatan untuk bersosialisasi dengan banyak orang bisa menyebabkan seseorang terganggu secara mental. Sedangkan antara kesehatan mental dan kesehatan fisik harus seimbang dan saling bersinergi satu sama lain. Terutama selama masa pandemi, imunitas tubuh harus baik. Penunjang baiknya imunitas fisik dipengaruhi pula oleh faktor kesehatan mental seseorang, oleh karena itu sehat mental selama PPKM sangatlah diperlukan.

Tips Menjaga Sehat Mental selama PPKM

Pertama, kebutuhan fisik harus terpenuhi. Diantaranya mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, apalagi ditambah dengan asupan suplemen vitamin penunjang kesehatan. Protokol kesehatan atau Prokes 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas haruslah dilakukan dengan penuh kedisiplinan. Jika secara fisik kita sudah yakin melakukan yang terbaik, pikiran juga akan jadi jauh lebih tenang.

Kedua, pola tidur atau istirahat pun harus diperhatikan. Kecukupan ideal tidur harian tak berubah baik saat Work From Home (WFH) atau ketika aktivitas normal. Apalagi kecukupan tidur juga akan berpengaruh terhadap produksi hormon yang memicu stres.

Ketiga, melakukan hobi atau mencoba hal-hal yang baru. Kegiatan ini diyakini bisa membuat pikiran menjadi lebih nyaman. Sebab melakukan aktivitas baru atau hal yang disenangi bisa mengalihkan gangguan kecemasan dan menurunkan tingkat stress. Bahkan melakukan meditasi, yoga, ataupun olahraga lainnya selama di rumah mampu menyeimbangkan hormon tubuh yang berpengaruh pada kestabilan pikiran dan perasaan. Selain itu, bisa juga melakukan Hipnoterapi untuk menjaga kesehatan mental dengan metode terapi olah pikir.

Keempat, menjalin komunikasi dengan keluarga dan kolega. Hal ini penting untuk menciptakan suasana yang tetap hangat, bahwa kita tidak melalui kondisi ini sendirian. Jangan sampai ada kekhawatiran berlebih dan perasaan bahwa kondisi ini membuat kita susah sendiri. Pandemi ini dialami banyak orang, jangan merasa susah sendiri, ngomel sendiri. Lakukan apa yang bisa dilakukan sekarang. Saling memberikan semangat dan perhatian akan membuat emosi yang menyenangkan. Berbagai hal lain yang dapat dilakukan saat di rumah saja ialah dengan mendekorasi rumah, berkebun, atau kegiatan lainnya yang bisa melibatkan anggota keluarga termasuk anak-anak, sehingga meringankan dan menjalin kedekatan emosional.

Konseling Online untuk Menjaga Kesehatan Mental

Jika anda membutuhkan penanganan dari ahli mengenai kesehatan mental, maka anda bisa melakukan konseling secara online dengan pakarnya. Hanya dengan membuat appoinment atau janji konseling untuk konsultasi psikologi baik Konseling Anak, Konseling Remaja maupun Konseling Dewasa, maka hal ini memudahkan anda untuk mendapatkan layanan konseling kesehatan mental. Jika berdasarkan hasil konseling anda membutuhkan terapi dengan metode Hipnoterapi ataupun Terapi Emosi dapat dilakukan dengan Konseling Tatap Muka.

Ringkasan
Sehat Mental Selama PPKM
Nama Artikel
Sehat Mental Selama PPKM
Deskripsi
Sehat mental selama PPKM sangatlah dibutuhkan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan banyaknya penduduk yang terpapar Virus Covid 19.
Penulis
Penerbit
Wahana Bahagia
Logo Penerbit
Share

3 thoughts on “Sehat Mental Selama PPKM

  • Ayu Maulina

    Informasinya sangat membantu sekali, terima kasih

    Reply
  • Oh ini yang nama channel youtube nya Konsultasi Psikologi Riscka yaa?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!