Thursday, June 20, 2024
Emosi NegatifEmosi Positif

Berhubungan Intim Atasi Stres, Benarkah? Ini Dia 7 Penjelasannya

 Berhubungan Intim Atasi Stres, Benarkah? Ini Dia 7 Penjelasannya

Fakta Mengenai Berhubungan Intim Atasi Stres

Merasa sering mengalami Gangguan Kecemasan atau Stres? Mungkin kamu perlu meluangkan waktu untuk lebih sering bercinta dengan pasangan karena berhubungan intim bisa atasi stres.

Pasangan yang lebih sering bercinta terbukti memiliki tingkat Stres yang lebih rendah ketimbang pasangan yang jarang bercinta. Mengapa bisa demikian? Orgasme memicu pelepasan oksitosin, penghilang stres terbesar, dan setelah seks berakhir dapat benar-benar meningkatkan suasana hati kita.

Mengapa Stres Muncul Dalam Pikiran Kita

Aktivitas sehari-hari dapat membuat jenuh dan Stres. Pekerjaan yang menumpuk, berbagai masalah yang sedang melanda dan semua emosi negatif lain kerap membuat kamu merasa tertekan.

Namun, sebenarnya ada cara yang mudah untuk menghilangkan Stres dan berbagai emosi negatif lain yang membuat kamu merasa tak nyaman. Apakah cara mudah menghilangkan stres tersebut? Ya, cara menghilangkan stres yang paling mudah bagi kamu yang sudah punya pasangan adalah dengan bercinta. Wah kok bisa ya?

Penjelasan Ilmiah Mengapa Berhubungan Intim Dapat Mengatasi Stres

Melansir dari idntimes mengenai fakta ilmiah berhubungan intim dapat mengatasi stres karena:

1. Berhubungan intim dapat mengatasi stres karena melancarkan peredaran darah

Bercinta adalah aktivitas yang menyenangkan bagi kamu dan pasanganmu. Pasalnya, pada prosesnya terjadi pelepasan dopamin dan endorfin yang dapat berfungsi untuk membentuk emosi positif dalam dirimu. Kesenangan ini sama dengan reaksi yang terjadi ketika kamu menyantap makanan enak. Mood yang baik inilah yang kemudian juga membuat tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, ketika kamu mencapai orgasme, sirkulasi darahmu akan menjadi lebih lancar. Aliran-aliran darah yang sebelumnya tersumbat karena stres atau pikiran yang tegang akan kembali lancar.

2. Menyehatkan jantung

Bercinta memang bukan merupakan kegiatan olahraga, namun bercinta dapat menghasilkan manfaat yang sama seperti jika kamu berolahraga. Terutama pada saat orgasme, di mana aktivitas jantung akan sama aktifnya seperti ketika kamu melakukan gerakan olahraga. Denyut jantung meningkat, aliran darah meninggi, adrenalin naik dan napas semakin kencang, merupakan hal yang terjadi pada tubuh ketika orgasme yang biasanya juga akan kamu alami pada sesi berolahraga.

3. Tidur menjadi lebih nyenyak

Inilah jawaban mengapa setelah bercinta rata-rata orang akan tidur dengan lelap. Yup, hal ini lantaran rasa nyaman dan relaks yang dihasilkan setelah kamu melakukan hubungan seksual. Bahkan sebuah survei menunjukkan bahwa 30% dari total responden yang berjumlah 1.800 orang mengaku memilih menggunakan seks sebagai obat tidur yang alami. Hal ini lantaran mereka sudah sangat sibuk dan lelah melakukan aktivitas selama seharian penuh.

4. Meningkatkan mood

Seperti sudah dibahas sekilas di poin pertama, seks adalah aktivitas yang akan membuat mood kamu membaik. Pasalnya ketika berhubungan seks, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang akan mempengaruhi perasaan dan mood-mu. Perasaan tegang, kesal, bahkan Depresi bisa seketika menghilang. Selain itu, ada pula hormon oksitosin yang keluar ketika puting susu mendapat rangsangan saat berhubungan seks. Hormon oksitosin inilah yang juga dapat memunculkan perasaan tenang dan puas setelah selesai bercinta.

5. Memompa oksigen

Sebuah studi dengan scan MRI membuktikan bahwa kadar oksigen dalam otak manusia akan meningkat ketika dia mengalami orgasme. Hal ini terbukti berbeda jika dibandingkan dengan kondisi normal atau tidak sedang orgasme. Itulah mengapa sangat disarankan bagi kamu yang sudah punya pasangan untuk melakukan hubungan seks secara rutin. Termasuk apabila gairah seks kamu dan pasangan mulai menurun, setidaknya lakukan aktivitas yang hampir serupa misalnya dengan berpelukan di tempat tidur atau saling memijat.

6. Mencegah penuaan

Sebuah studi yang dilakukan di Royal Edinburgh Hospital menyebutkan bahwa kualitas hidup seseorang akan bertambah apabila dia memiliki kehidupan seks yang memuaskan. Selanjutnya, studi tersebut juga menyebutkan bahwa kepuasan hidup inilah yang kemudian membantu mencegah terjadinya penuaan dini, baik pada laki-laki maupun perempuan.

Dijelaskan oleh dr. David Weeks bahwa pasangan yang rutin melakukan hubungan seks akan terlihat beberapa tahun lebih muda dari umur mereka sebenarnya. Hal ini disinyalir karena adanya pelepasan hormon HGH dan endorfin yang dihasilkan tubuh sesaat setelah selesai bercinta. Kedua hormon inilah yang juga ikut berperan dalam memperbaiki kesehatan kulit, khususnya mencegah keriput dan kendur.

7. Berhubungan intim dapat mengatasi stres karena dapat menjaga daya tahan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat baik lahir maupun batin

Berhubungan seks secara rutin disebut-sebut bisa membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh tim peneliti dari Wilkes University di Pennsylvania. Dijelaskan bahwa responden yang melakukan hubungan seks setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu terbukti memiliki tingkat antibodi yang lebih tinggi daripada responden lain yang jarang berhubungan seks. Akibatnya, responden yang rutin berhubungan seks menjadi jarang sakit dan terlindung dari berbagai macam bakteri bahkan virus.

Nah gimana? Sudah semakin yakin bahwa bercinta memang mampu meredakan Stres dan memberikan banyak manfaat bagi tubuhmu? Bagi kamu yang sudah punya pasangan, tidak ada salahnya ya mulai rutin menjadwalkan aktivitas seksmu dan pasangan.

Jadi, mulai sekarang jadwalkan lebih banyak waktu bercinta dengan pasangan. Selain membuat suasana hati lebih baik, bonding antara kamu dan pasangan juga lebih kuat, karena bercinta termasuk salah satu Manajemen Stres yang baik terlebih saat menghadapi situasi yang buruk.

Ringkasan
Berhubungan Intim Atasi Stres, Benarkah? Ini Dia 7 Penjelasannya
Nama Artikel
Berhubungan Intim Atasi Stres, Benarkah? Ini Dia 7 Penjelasannya
Deskripsi
Mulai sekarang jadwalkan lebih banyak waktu bercinta dengan pasangan. Selain membuat suasana hati lebih baik, bonding antara kamu dan pasangan juga lebih kuat, dan tak mudah stres saat menghadapi situasi yang buruk.
Penulis
Penerbit
Wahana Bahagia
Logo Penerbit
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!